Sukses

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Obat

Membaca kemasan sebelum membeli obat, dapat membuat masyarakat menjadi lebih kritis untuk dalam mencari penangkal penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Membaca kemasan sebelum membeli obat, dapat membuat masyarakat menjadi lebih kritis untuk dalam mencari penangkal penyakit. Jangan sampai, Anda merasa ditipu karena membeli obat yang mahal namun hasilnya tidak dapat mengatasi gejala penyakit yang Anda alami.

Seperti disampaikan Ardiyani dari Dit Bina Pelayanan Kefarmasian Subdit Penggunaan Obat Rasional Kementerian Kesehatan, sebelum membeli obat, setidaknya ada 7 hal yang penting dipahami masyarakat, seperti:

1.Nama Obat
2. Komposisi
3. Kegunaan obat
4. Dosis obat
5. Efek samping obat
6 Siapa saja yang tidak boleh menggunakan obat
7. Harga

Ketujuh aspek ini, kata dia, bisa berbeda satu sama lain. Dia menyontohkan, pada obat batu dan flu biasanya mengandung komposisi
yang sama seperti paracetamol namun efek samping yang beda. Oleh karena itu, butuh kejelian konsumen dalam memilih obat mana yang lebih tepat guna ketimbang hanya unggul secara kemasan.

"Selalu perhatikan ketujuh hal ini agar Anda bisa mana obat yang Anda butuhkan dan tidak. Cermat dan bijak memilih obat," katanya saat berbincang dengan wartawan, Selasa (24/11/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini