Sukses

Sikat Gigi Tanpa Odol Efektif Bersihkan Plak

Menyikat gigi tanpa odol bisa menghilangkan 63 persen plak dan menurunkan risiko gusi berdarah hingga 55 persen.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah percobaan menarik dilakukan ilmuwan Amerika. Mereka meminta relawan untuk menyikat gigi tanpa odol. Hasilnya cukup mengejutkan.

Seperti diberitakan Mirror, Rabu (25/11/2015) penelitian yang diterbitkan The Journal of American Dental Association ini menemukan
menggosok gigi dengan sikat gigi saja dapat menghilangkan 63 persen plak dan menurunkan risiko gusi berdarah hingga 55 persen.

"Saat menyikat gigi tanpa pasta gigi, bulu sikat cenderung kaku sehingga mereka lebih mudah mengangkat plak," kata dokter gigi Dr
Stephen Pitt.

Selain itu, kata dia, menggosok gigi kering juga membuat Anda lebih tertib. "Anda bisa menggunakan lidah untuk memastikan permukaan gigi bersih. Sedangkan bila menggunakan pasta gigi, mulut terasa manis karena mint sehingga Anda berhenti menyikat sebelum plak hilang.

Meski demikian, Pitt tetap menyarankan penggunaan pasta gigi sesekali untuk melindungi gigi dengan fluoride. Penambahan mineral ini dapat mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini