Sukses

16 Doktor Presentasikan Temuannya di Kemenkes

Sebanyak 16 Doktor di bidang kesehatan mempresentasikan hasil temuannya di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 Doktor di bidang kesehatan mempresentasikan hasil temuannya di lingkungan Kementerian Kesehatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diaplikasikan untuk mendukung program pembangunan kesehatan.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM), drg. Usman Sumantri mengatakan, SDM Kesehatan merupakan komponen penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

"Tantangan utama dalam pengelolaan SDM kesehatan adalah masih kurangnya jumlah dan mutu tenag kesehatan serta distribusinya yang belum merata," katanya di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Acara parade doktor kali ini, kata dia, merupakan pelaksanaan UU no.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang menyebutkan, hasil penelitian wajib disebarluaskan dengan cara diseminarkan, dipublikasikan dan dipatenkan oleh Perguruan Tinggi.

Yang menarik, hasil penelitian ini sangat variatif, seperti misalnya pengaruh pemberian ekstrak daun kelor terhadap pencegahan anemia oleh Dr. Nadimin, SKM.,MKes; Poltekes Kemenkes RI Makassar, atau Hubungan Tape Ketan Hitam dengan Pencegahan Sindroma Metabolik pada Usia 40 tahun keatas di Bandung Barat oleh Dr. Rr. Nur Fauziyah, SKM, mkm dan Kajian perilaku Pernikahan Sedarah oleh Dr Muksin Pasambuna, S.Pd, M.Si.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian Kesehatan RI adalah kementerian dalam Pemerintahan Indonesia yang membidangi urusan kesehatan.

    Kemenkes RI