Sukses

Olahraga Tak Selamanya Baik bagi Jantung

Dua studi ungkap olahraga dalam intensitas berlebihan berdampak pada kesehatan jantung di kemudian hari.

Liputan6.com, New York- Rutin berolahraga merupakan salah satu cara untuk usir lemak dan turunkan risiko penyakit. Namun olahraga berlebihan sebenarnya berpotensi menimbulkan risiko berbahaya bagi kesehatan. Setidaknya menurut menurut dua studi.

Salah satu studi tahun 2014 yang dipublikasikan di British Medical Journal ungkap efek intensitas olahraga berlebih berbahaya bagi kesehatan jantung di kemudian hari. Para peneliti temukan pria berusia 30 tahun yang berolahraga lebih dari lima jam seminggu saat berusia 60 tahun cenderung 49 persen miliki detak jantung tak teratur dan fibrilasi atrium (yang dapat sebabkan stroke).

Studi lain dari Swedia di tahun 2014 ungkap orang yang sebelumnya sudah miliki masalah pada jantung lalu terlalu berlebihan saat berolahraga, akan tingkatkan risiko terkena serangan jantung maupun stroke seperti dikutip laman Pop Sugar, Selasa (24/11/2015).

Meski miliki dampak berbahaya bila olahraga berlebihan, kedua studi ungkap pentingnya olahraga intensitas normal secara konsisten baik untuk jaga kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini