Sukses

Mengubah Kamar Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Mulai dari suhu ruangan sejuk hingga kasur yang nyaman.

Liputan6.com, New York- Berbagai studi tunjukkan ruangan tempat tidur berpengaruh terhadap kualitas tidur. Sehingga bagi Anda yang kesulitan tidur nyenyak, ubah beberapa hal di kamar. 

Paling tidak ada enam cara mengoptimalkan kamar jadi tempat nyaman buat Anda tertidur lelap seperti dikutip laman Huffington Post, Selasa (24/11/2015).

1. Suhu ruangan sejuk

Suhu ruangan yang panas berdampak besar terhadap kualitas tidur. Pernah tidak terbangun di tengah malam gara-gara tubuh berkeringat?

Menurut pakar tidur, suhu paling nyaman untuk tidur antara 16-23 derajat Celcius.

2. Matikan lampu

Paparan cahaya elektronik sebelum dan saat tidur menekan elatonin, yakni hormon yang bertanggungjawab mengatur siklus tidur dan bangun. Ketika Anda nyalakan lampu, ini akan mengacaukan jadwal tidur.

3. Ruangan sepi

Suara dengkuran, deru mobil-motor, hingga tetangga yang bertengkar mampu membuat sulit tidur atau buat Anda terbangun di malam hari. Buatlah kamar Anda jadi tempat yang bebas dari suara bising di luar sana. Bisa menggunakan pengedap suara, maupun penyumbat telinga.

4. Matikan TV

Ada baiknya tidak memiliki televisi di dalam kamar. Kehadiran televisi yang menyala di kamar mampu mencuri tidur menurut aneka penelitian. Hal ini disebabkan oleh paparan cahaya yang dihasilkan televisi mengganggu internal tidur.

5. Sarung bantal bersih

Ketika sarung bantal dan sprei baru diganti, rasanya nyaman sekali bukan? Nah, hal tersebut mampu membuat Anda tidur lebih nyenyak.

6. Kasur nyaman

Kasur merupakan bagian penting nyenyaknya tidur Anda. Sebuah studi tunjukkan orang yang mengganti kasur lama (yang berusia 9,5 tahun) dan tempat tidur baru berpengaruh mengurangi stres dan sakit punggung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini