Sukses

6 Makanan Ampuh Pencuci Perut di Pagi Hari

Merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan sepertinya menjadi masalah yang sering dihadapi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan sepertinya menjadi masalah yang sering dihadapi di Indonesia. Pasalnya, kita dianugerahi keragaman masakan nusantara yang sarat minyak dan bumbu rempah-rempah.

Satu hal yang kita lupakan usai menyantap hidangan lezat adalah asupan air putih yang banyak setiap hari. Pemandangan umum yang terjadi di sini, dalam satu keluarga hanya beberapa kali kita bolak-balik ke toilet untuk buang air.

 

 

Dikutip dari laman India Times, pada Rabu (25/11/2015) lalu, berikut ada 6 makanan yang bisa Anda makan setiap hari, minimal pada malam harinya agar pencernaan lancar dan Anda bisa rutin buang air keesokannya.

1. Daun Mint
Tanaman ini selalu jadi obat untuk banyak kasus yang berhubungan dengan pencernaan.

2. Biji Adas
Adas merupakan salah satu komponen dalam minyak telon. Saat ini, telah banyak beredar tes Adas yang juga berkhasiat untuk meredakan flu ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biji Jintan

3. Campuran madu dan lemon
Campurkan madu, air perasan lemon, dan perasan jahe masing-masing sebanyak 1 sendok teh. Anda bisa meminumnya 2-3 kali dalam sehari.

4. Air hangat
Air hangat bisa membersihkan perut, mulas karena lonjakan metabolisme dan membersihkan racun. Bahkan air hangat tampaknya memegang peranan kuncu sebagai detox alami karena mengurangi kram perut.



5. Biji jintan
Bentuknya mirip biji Adas. Masukkan 1 sendok makan biji adas ke dalam 1,3 liter air mendidih. Minum selagi hangat 2-3 sehari dalam 5-6 hari. Biji jintan menurunkan kadar keasaman.

6. Lidah buaya
 Tanaman ini sering ditanam di pekarangan atau balkon Anda. Anda cukup menghilangkan kulit hijau lidah buaya untuk mendapatkan jelly di dalamnya. Agar-agar dari lidah buaya ini bisa dicampurkan dalam minuman Anda setiap pagi untuk melancarkan pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini