Sukses

Catat, 5 Cara Jaga Kebersihan Sikat Gigi

Mulai dari rutin mengganti sikat gigi hingga gunakan sikat gigi baru usai sakit.

Liputan6.com, New York- Menurut sebuah studi di University of Manchester, Inggris sikat gigi yang telah dipakai di dalamnya terdapat 10 juta bakteri, termasuk E.coli. Namun seringkali orang-orang tidak menjaga kebersihan sikat gigi dengan baik.

Demi menjaga kebersihan gigi dan tubuh secara umum perhatikan beberapa hal berikut saat menggunakan sikat gigi seperti diungkapkan Maria Lopez Howell dari American Dental Association dikutip dari laman Women's Health, Selasa (24/11/2015).

1. Bersihkan sikat gigi setiap kali pakai

Usai menggosok gigi, bilaslah sikat gigi hingga bersih jangan sampai ada sisa-sia makanan di atasnya.

2. Gunakan sikat gigi baru usai sakit

"Sebenarnya tak ada bukti yang menunjukkan bakal sakit bila menggunakan sikat gigi lama, namun demi menjaga kesehatan, mengapa tidak ganti sikat gigi lama Anda usai sakit," terang Howell. 

3. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali

Tak perlu menunggu bulu sikat usang, lebih baik ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Malah sikat gigi yang bulunya sudah tak lengkap tak efektif bekerja menghilangkan plak di gigi dan gusi.

4. Jangan simpan sikat gigi dekat dengan toilet

Meletakkan sikat gigi dekat dengan bowel toilet berisiko terpapar kuman dan bakteri. Selain itu jangan letakkan di tempat lembap jadi tempat kondusif pertumbuhan mikroorganisme. Cara terbaik yakni menyimpan sikat gigi dalam posisi tegak dengan banyak udara di sekitarnya sehingga bulu sikat cepat kering.

5. Jangan gunakan sikat gigi yang sama dengan orang lain

Meski Anda sudah mengenal pasangan, jangan sekali-sekali menggunakan sikat gigi bersama-sama karena dapat meningkatkan risiko infeksi. "Setiap orang memiliki jumlah bakteri di mulut berbeda-beda, jadi mengapa mengambil risiko untuk berbagi sikat gigi," tutup Howell.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini