Sukses

3 Cara Tumbuhkan Empati

Di zaman modern makin banyak orang yang tak memiliki rasa empati terhadap orang lain.

Liputan6.com, New York- Empati didefinisikan dengan kemampuan merasakan emosi orang lain, ditambah dengan kemampuan ikut membayangkan apa yang orang lain pikirkan dan rasakan. Memiliki perasaan ini membuat kita menjadi orang yang tak mudah berprasangka buruk, senang membantu orang lain, bahkan mampu membuat hubungan pernikahan berjalan lebih lancar.

Sayangnya, empati pada manusia di zaman modern mulai tumpul. Tak banyak orang yang memiliki perasaan ini. Namun ada beberapa cara yang bisa membuat Anda lebih memiliki rasa ini seperti dikutip dari laman Prevention, Selasa (24/11/2015).

- Berdonasi

Sisihkan sebagian uang Anda yang biasanya untuk membeli buku, makanan, atau piknik kepada orang lain. Tak cuma soal uang, Anda pun bisa menjadi relawan dalam aksi sosial yang kita sukai.

"Berdonasi dan menjadi relawan menambah pengalaman kita untuk melihat apa yang sebenarnya dirasakan orang lain," terang psikolog asa New York, Diane Urban.

- Meditasi

Menurut studi dari Emory University, program meditasi yang meminta orang untuk merefleksikan hubungannya dengan orang lain merupakan salah satu cara meningkatkan empati.

- "Jika aku...'

Mengandalkan kalimat jika saya menjadi orang tersebut bisa memunculkan rasa empati padanya. Misalnya saat teman mengalami musibah, lalu kemudian membayangkan Anda menjadi dirinya. Muncul perasaan sedih yang mungkin memunculkan keinginan untuk menolong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.