Sukses

Ini Dia Penyebab Rambut Rontok

Jika Anda melihat semakin banyak rambut yang tertinggal pada sisir, mungkin Anda harus mengecek asupan harian.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda melihat semakin banyak air yang tertinggal di sisir, mungkin Anda harus mengecek ulang asupan harian Anda. Kekurangan Vitamin D dan zat besi dapat menyebabkan semakin menipisnya mahkota Anda tadi.

Para peneliti di Cairo University menemukan bahwa wanita yang mengalami rambut rontok biasanya juga hanya memiliki sedikit vitamin D2 dan zat besi dalam tubuhnya. Dan hal ini akan semakin parah seiring semakin sedikitnya kadar kedua nutrisi tadi dalam tubuh.

"Hal ini mungkin meregulasi ekspresi gen yang meningkatkan pertumbuhan folikel rambut secara normal," jelas Rania Mounir Abdel Ha, MD, seorang dermatologis di Cairo University dan salah satu penulis penelitian ini, seperti yang dilansir dari Prevention, Senin, 23/11/2015.

Sedangkan kekurangan zat bisa menekan enzim penting yang diasosiasikan dengan kerontokan rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang lebat dan subur, usahakan Anda mendapatkan minimal 600 IU vitamin D per hari, atau 800 IU jika Anda sudah berusia di atas 71 tahun.

Vitamin D bisa Anda dapatkan dari ikan salmon, susu, dan jus jeruk. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin D, yang tak hanya akan menyuburkan rambut tapi juga bisa membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan kerapuhan tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini