Sukses

3 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Skizofrenia

Skizofrenia mungkin masih menjadi istilah yang asing bagi masyarakat awam.

Liputan6.com, Jakarta Skizofrenia mungkin masih menjadi istilah yang asing bagi masyarakat awam. Namun faktanya, skizofrenia pun belum tentu dipahami sepenuhnya oleh seorang psikolog profesional. Bagi Anda yang belum tahu, skizofrenia ini adalah sejenis gangguan mental yang bisa terjadi pada beberapa tingkatan, yakni delusi, halusinasi, berbicara tidak teratur, perilaku tidak teratur, gejala negatif, atau kurangnya motivasi. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai skizofrenia sebagaimana disarikan dari Listverse, Minggu (22/11/2015).

1. Penyalahgunaan Obat-obatan

Sampai saat ini masih ada penelitian yang akurat mengenai efek penyalahgunaan obat-obatan dalam jangka panjang pada kinerja memori penderita skizofrenia. Dua orang peneliti dari Washington University School of Medicine melakukan sebuah penelitian pada 37 penderita skizofrenia yang memiliki riwayat penyalahgunaan obat-obatan dan yang tidak. Hasilnya, penderita yang tidak memiliki riwayat penyalahgunaan obat lebih aktif dalam tes memori.

2. Sulit Mengenali Ekspresi Wajah

Penderita skizofrenia berpotensi memiliki masalah saat mengidentifikasi ekspresi wajah. Seperti yang dilaporkan oleh Dr Quintino R. Mano dan Dr Gregory G. Brown, seorang penderita skizofrenia terkadang akan kesulitan mengekspresikan diri mereka dan kesulitan mengidentifikasi emosi di wajah orang lain. Temuan aneh ini menjadi sebuah pola di dalam memori penderita skizofrenia. Mereka hanya bisa mengenali ekspresi wajah sederhana.

3. Jenis Kelamin Mempengaruhi Gejala

Hanya sedikit orang saja yang memperhitungkan perbedaan gejala skizofrenia pada pria dan wanita. Peneliti dari Rutgers University telah melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Penelitian dilakukan menggunakan alat uji integrasi task contour dan illusion ebbinghaus task. Hasilnya memang berbeda, penderita wanita lebih dominan pada integrasi task contour, sedangkan hasil tes penderita pria lebih baik pada illusion ebbinghaus task.

Itu tadi sedikit pengetahuan mengenai penyakit skizofrenia. Anda perlu bertanya langsung pada ahlinya atau membaca penjelasan dari sumber lain untuk mengetahui penyakit ini secara lebih lanjut. Intinya, skizofrenia adalah sebuah kelainan mental yang sangat unik. (M. Altafs)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini