Sukses

Kenali Ciri Anak Indigo Sejak Balita

Psikiater anak dr Erwin Kusuma, SpKJ(K) mengatakan kalau anak-anak indigo seringkali menjadi pemberontak karena aturan yang tak masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta- Psikiater anak dr Erwin Kusuma, SpKJ(K) mengatakan kalau anak-anak indigo seringkali menjadi pemberontak karena aturan yang harus dipatuhinya tak masuk akal. Oleh karena itu, mereka perlu diajari, tanpa perlu ditarik dari lingkungan sosial. 


"Menjadi orang indigo sebetulnya sejak dalam kandungan. Tapi sejak umur 3 tahun biasanya sudah bisa diketahui," tutur dr Erwin kepada Liputan6.com, pada Jumat (20/11/2015) malam.

Orangtua yang memiliki anak dengan kemampuan ini harus pandai menerangkan suatu hal, karena sang buah hati cenderung kritis dan enggan menerima aturan sosial. Seperti aturan di sekolah contohnya.

Sebagai contoh, seorang murid bisa mempertanyakan mengapa dirinya harus duduk diam di dalam kelas meski tugasnya sudah selesai lebih cepat. "Umur 3 tahun kelihatan kalau dia indigo karena sudah bisa mulai berbicara dan bisa menasehati orangtuanya kalau bertengkar," tutur dokter Erwin lagi.

"Ada ratusan klien saya di Jakarta yang indigo. Mereka cerdas memang bawaan dari lahir, tapi yang perlu diajarkan adalah cara mematuhi aturan walau itu tidak masuk akal buat dia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini