Sukses

Ini Akibatnya Bila Suka Tahan BAB

Dalam beberapa kasus ekstrem, menahan buang kotoran dapat mengakibatkan kematian.

Liputan6.com, Jakarta Para ahli kesehatan kembali menyerukan untuk tidak menunda buang air besar. Dalam beberapa kasus ekstrem, menahan buang kotoran dapat mengakibatkan kematian.

Situs Mirror, Jumat (20/11/2015) melaporkan, menahan buang air besar berulangkali dapat menyebabkan disfungsi otot dan gangguan usus. Fatalnya, ketika feses menumpuk di rektrum, Anda bisa mengalami sembelit kronis hingga harus operasi, bahkan memicu kematian.

"Menahan feses dalam tubuh sangat berbahaya. Saat kering, kotoran ini dapat menghambat sistem kerja tubuh dan memberikan dampak serius pada usus. Bisa dibayangkan semua limbah dan racun menghambat kerja usus," kata gastroenterologist di Massachusetts General Hospital, Kyle D Staller.

Ahli mikrobiologi, Giulia Enders memberikan tips agar usus bekerja efektif, seperti:

1. Usahakan buang air besar dengan jongkok

BAB jongkok mempermudah kotoran keluar karena membuka jalur usus besar dan memudahkan proses membuang tinja.

2. Pikirkan apa yang Anda makan

Makanan butuh 2-2 jam untuk dicerna. Bayangkan bila Anda hanya mengonsumsi kue atau keripik dan jarang mengonsumsi sayuran dan buah. Hal ini akan membuat usus lebih lelah. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini