Sukses

Merpati pun Bisa Deteksi Kanker Payudara

Liputan6.com, New York - Bila dilatih dengan baik, hewan juga bisa menolong manusia. Seperti halnya yang dilakukan ilmuwan Amerika yang melatih merpati hingga dapat mengidentifikasi sel-sel kanker ganas pada manusia. Menakjubkan.

Menurut para ilmuwan, ada delapan merpati yang ikut dalam percobaan. Burung-burung ini dipilih karena keunikan otaknya yang kecil namun jalur sarafnya sama seperti manusia.

Merpati yang terpilih inipun sebelumnya telah mahir membedakan huruf alfabet dan dapat membedakan lukisan dari setiap seniman berbeda.

"Keakuratan diagnosis mereka (merpati) mencapai 85 persen. Seperti halnya ahli radiologi yang mampu mendeteksi bintik mikroskopis pada mammogram, merpati yang dilatih dalam 2 minggu ini dapat membantu skrining awal kanker," kata peneliti, Prof Richard Levenson, seperti dikutip Mirror, Jumat (20/11/2015).

Menurut Levenson, burung-burung ini sangat mahir membedakan antara kanker payudara jinak dan ganas. Saat percobaan, mereka diminta untuk mematuk tombol biru atau kuning pada kanker jinak atau ganas. Jika jawabannya benar, mereka mendapatkan hadiah makanan.

"Sensitivitas merpati untuk fitur diagnostik ternyata dapat membantu medis. Kami harap, penelitian ini dapat dikembangkan," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer