Sukses

Testosteron Tak Cuma Penting Bagi Organ Seks Pria

Testosteron itu bukan cuma terkait organ seksual, tempat kerjanya dari ujung rambut hingga kaki.

Liputan6.com, Jakarta Hormon testosteron merupakan salah satu hormon yang sangat penting bagi pria. Namun fungsi testosteron tak cuma bermanfaat bagi organ seks pria semata.

"Testosteron itu bukan cuma terkait organ seksual, tempat kerjanya dari ujung rambut hingga kaki," ungkap dokter spesialis andrologi RS Fatmawati Jakarta, Nugroho Setiawan di Jakarta pada Kamis (19/11/2015).

Bagi organ seks, testosteron bekerja pada pertumbuhan penis, menghasilkan sperma ,serta pertumbuhan dan fungsi prostat. Lalu pada kulit mengatur pertumbuhan rambut. Sedangkan pada otak berperan mengatur libido serta suasana hati.

"Lalu, hormon testosteron meningkatkan kekuatan dan volume otot. Kemudian pada ginjal berperan penting melakukan stimulasi produksi eritopoietin (hormon yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah)," ungkap dokter Nugroho dalam acara yang digelar Bayer Healthcare, Kamis (19/11/2015) lalu.

Jangan salah juga, percepatan pertumbuhan dan tulang yang kuat pun dipengaruhi oleh testosteron.

"Sehingga bila pria tersebut memiliki testosteron optimal ia menjadi sosok yang bahagia, jantungnya sehat, tulang kuat, mampu ereksi dan libido yang sehat," ungkap dokter yang juga berpraktik di RS Premier Bintaro ini.

Testosteron pada tubuh pria dihasilkan 95 persen pada testis, sisanya oleh anak ginjal. Perempuan juga memiliki hormon ini namun hanya sedikit. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.