Sukses

Istri Diabetes saat Hamil, Suami Patut Waspada

Istri yang terkena diabetes gestasional, risiko suami terkena diabetes tipe 2 meningkat tujuh kali lipat.

Liputan6.com, Montreal Wanita yang saat hamil mengalami diabetes gestasional, risiko sang suami terkena diabetes tipe 2 meningkat hingga tujuh kali lipat seperti diungkap dalam studi yang dipublikasikan jurnal Diabetes Care.

Lewat penelitian yang mempelajari data 20 tahun ini menemukan risiko suami terkena diabetes lebih tinggi 33 persen ketika saat hamil istrinya terkena diabetes gestasional dibandingkan suami yang saat hamil istrinya tak mengalami kondisi itu.

"Ini adalah studi pertama yang menunjukkan keterkaitan antara diabetes gestasional pada ibu terhadap angka kejadian diabetes pada ayah," ungkap penulis studi dari McGill University, Montreal, Kanada, Kaberi Dasgupta seperti dikutip Times of India, Kamis (19/11/2015).

Peneliti memprediksi, kebiasaan suami-istri yang cenderung memiliki kehidupan sosial dan lingkungan yang sama berkontribusi terhadap perilaku hidup sehat mereka. Misalnya bila istri gemar memasak makanan manis, suami tentu saja mengonsumsi makanan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.