Sukses

Bahaya Permanen di Balik Ear Candle

Ternyata, ada bahaya permanen yang bakal dihadapi di balik penggunaan ear candle

Liputan6.com, Jakarta Jasa membersihkan kotoran telinga dengan ear candle banyak ditawarkan sejumlah salon, tapi bagaimana dari sisi keamanan? Ternyata, ada bahaya permanen di balik penggunaan ear candle.

Ear candle merupakan praktik populer dari Mesir kuno, dengan menempatkan tabung berbentuk kerucut berongga yang sudah direndam lilin atau parafin. Kemudian tabung itu dibakar.

"Ini seharusnya untuk menghilangkan kotoran telinga dari saluran telinga dengan menciptakan efek vakum dan 'mengisap'," kata Roheen Raithatha, MD, Spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan di New York City seperti dilansir Women's Health, Senin, 16/11/2015..

Tapi, kenyataannya tak seperti itu. Banyak penelitian yang menunjukkan, tak hanya ear candle tidak menghilangkan kotoran telinga Anda, tetapi juga bisa berbahaya.

"Risiko dari ear candle termasuk luka bakar pada wajah, rambut, kulit kepala, saluran telinga, dan gendang telinga dan mungkin gendang telinga perforasi," kata Raithatha.

"Hal ini juga dapat meninggalkan endapan lilin di liang telinga, menyebabkan lebih banyak penyumbatan," lanjutnya lagi.

Raithatha dan rekan-rekannya di American Academy of Otolaryngology merekomendasikan untuk tidak mencoba tren ini. Apabila ingin membersihkan kotoran telinga, Anda bisa mendatangi dokter. (Melly)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini