Sukses

Meditasi Kesadaran Jadi Alternatif Pereda Rasa Sakit

Liputan6.com, North Carolina - Meditasi kesadaran atau mindfulness meditation, bisa meredakan nyeri lebih baik dari pada pasebo. Hal ini dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience yang dikutip dari laman Medical News Today, pada Minggu (15/11/2015) sore.

Plasebo adalah zat atau obat tidak aktif yang tampak sama dan diberikan dengan cara yang sama seperti obat aktif atau pengobatan yang diuji. Sedangkan riset tentang meditasi tersebut dilakukan oleh para ilmuan di Wake Forest Baptist Medical Center di Winston-Salem, North Carolina.

Mereka menemukan bahwa pola aktivitas otak yang dihasilkan dari meditasi kesadaran berbeda dengan yang dihasilkan oleh krim plasebo. Tapi, masih belum jelas juga kalau rasa sakit bisa diredakan dengan mengikuti ritual-ritual keagamaan, meski meditasi sudah sejak lama dilaporkan memiliki peran dalam pemetaan otak.

Meditasi yang terkait meredakan rasa sakit sekarang menjadi topik yang populer dengan cepat, tapi bukti eksperimen yang lebih spesifik tetap dibutuhkan untuk kemajuan dunia kesehatan ini.

Penulis utama penelitian, Fadel Zaidan, PhD, dan rekan-rekannya sebelumnya mencatat efek harapan, gangguan, perhatian, kepercayaan, plasebo, hipnosis, stres, kecemasan, suasana hati dan keadaan emosional pada saat nyeri. Meditasi mindfulness dapat memainkan peran untuk meningkatkan pengendalian emosi dalam membantu mengurangi rasa sakit.