Sukses

Catat, 7 Hal Ini Buat Orangtua Dekat dengan Anak

Komunikasi yang nyaman antara anak dan orangtua membuat ia terbuka dan jadi sosok berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua tentu mengharapkan sang anak akan mengikuti saran yang diberikan. Dalam kenyataannya banyak anak yang tak mengerti malah membangkang.

Untuk mencegah hal itu terjadi lakukan komunikasi yang baik dengannya. Pakar pengasuhan anak dari Komunitas Rumah Pencerah, Nurbaeti Rachman menuturkan tujuh kunci komunikasi orangtua anak bisa berjalan efektif.

1. Menjadi pendengar yang baik dan aktif
Kebanyakan orangtua tak memiliki banyak waktu untuk mendengarkan cerita anak. Namun, sedikit waktu yang berkualitas dari orangtua sangat berharga bagi mereka. Ketika Anda mendengarkan ceritanya dengan baik dan aktif ia akan merasa dicintai dan dihargai.

2. Libatkan diri dalam kegiatan anak
Sebaiknya orangtua berusaha memahami apa yang disukai anak.

3. Berikan teguran yang sesuai dan masuk akal
Jika ia berbuat salah tegurlah dengan lembut dan logis. Jangan dengan nada menghakimi karena anak juga punya harga diri.

4. Berikan pujian untuk setiap keberhasilan.
Sekecil apapun kebaikan atau prestasi yang dilakukan berikan pujian. Hal ini membuat anak merasa dihargai dan termotivasi membuat kebaikan.

5. Beri anak kepercayaan
Bila anak ingin melakukan hal yang ingin dilakukan sendiri, beri ia kepercayaan dan ruang untuk melakukan sendiri sambil kita dampingi. Hal ini menimbulkan rasa percaya diri bahwa ia mampu.

6. Jadilah orangtua menyenangkan bagi anak.
Komunikasi akan berjalan dengan baik jika anak merasa nyaman dan aman berbicara dengan orangtuanya. Ia akan jadi lebih terbuka.
Tapi bila orangtua tak menyenangkan, ia tak akan betah lama-lama di rumah dan mencari kesenangan di luar rumah yang belum tentu tepat.

7. Jangan malu mengakui kesalahan
Tak perlu malu meminta maaf jika kita melakukan kesalahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini