Sukses

Saat Hamil, Jangan Duduk Lebih dari 6 Jam

Kenaikan berat badan signifikan dan diabetes gestasional rentan dialami ibu yang terlalu lama duduk.

Liputan6.com, London - Bagi Anda ibu yang sedang hamil, batasi duduk terlalu lama. Menurut penelitian, ibu hamil yang duduk lebih dari enam jam dalam satu hari di trisemester kedua bisa memicu kenaikan berat badan signifikan dan diabetes gestasional atau diabetes yang terjadi saat kehamilan. Kedua hal ini dapat mengakibatkan komplikasi saat persalinan.

Hal tersebut diungkapkan dokter Nithya Sukumar dari Warwick Medical School Inggris saat pertemuan rutin dalam Society for Endocrinology di Eddinburgh, Inggris.

"Diabetes gestasional dapat meningkatkan risiko komplikasi pada ibu dan bayi. Sehingga penting untuk meminimalisir risiko tersebut dengan menghindari terlalu duduk terlalu lama saat hamil," terang dokter Nithya seperti dikutip laman Mirror, Minggu (15/11/2015).

Temuan lainnya, wanita hamil yang terlalu banyak duduk ternyata juga rentan terkena risiko depresi. Selain itu, mereka yang sebagian besar kehidupan dihabiskan dengan duduk jarang berolahraga dan terjadi peningkatan berat badan signifikan.

Oleh karena itu disarankan pada wanita hamil untuk sering-sering bangun dari kursi lalu berjalan-jalan sejenak. Cara ini dianggap peneliti lain, Ponnusamy Saravanan, lebih mudah dibanding meminta wanita hamil meningkatkan aktivita fisik.

"Kami yakin dengan mengurangi waktu terlalu lama duduk bisa mengurangi risiko diabetes gestasional," terang Saravanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.