Sukses

Ini 3 Fakta Keren tentang Kalajengking yang Tak Terungkap

Beberapa orang merasa takut karena bentuk kalajengking menyeramkan meskipun berukuran kecil.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin merasa takut pada kalajengking. Beberapa orang merasa takut karena bentuk kalajengking yang menyeramkan meskipun berukuran kecil. Tapi sebenarnya kalajengking ditakuti karena memiliki racun yang berpotensi membunuh manusia. Nah, menurut List25 (16/11/2015), ada beberapa fakta mengagumkan lain tentang kalajengking yang tidak banyak diketahui orang. Berikut ulasannya.

1. Spesies Pembunuh Manusia

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa para ilmuwan telah menemukan sekitar 1.750 spesies kalajengking berbeda dari total 13 keluarga yang masih hidup di dunia. Bahkan dari ribuan jenis spesies kalajengking tersebut, ada 25 spesies yang dikenal memiliki racun berbahaya. Manusia patut mewaspadai 25 spesies kalajengking berbahaya tersebut karena racun yang dikeluarkan berpotensi melumpuhkan dan membunuh manusia.

2. Hewan Tertua di Bumi

Menurut Anda, hewan apakah yang usianya paling tua di bumi? Ternyata kalajengking juga merupakan salah satu hewan yang usianya tertua di bumi. Kalajengking telah melakukan evolusi selama kurang lebih 430 juta tahun yang lalu di era Silurian. Evolusi kalajengking berawal dari makhluk berukuran besar yang muncul dari laut sebelum akhirnya ukuran tubuh mereka mengecil seperti sekarang. Namun bentuk morfologis kalajengking diketahui tidak mengalami perubahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kemampuan Adaptasi yang Baik

3. Kemampuan Adaptasi yang Baik

Tidak semua hewan punya kemampuan adaptasi yang baik dengan lingkungan. Akan tetapi, kalajengking lebih spesial dan berbeda dengan kebanyakan hewan karena memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Para ilmuwan bisa menemukan spesies kalajengking hampir di seluruh permukaan bumi, kecuali di antartika. Hanya saja kalajengking tidak bisa hidup terlalu lama.

Kalajengking diketahui hanya bisa hidup selama 8 tahun saja di alam liar. Itu dia 3 fakta mengagumkan tentang kalajengking dilansir dari List25 yang pasti masih jarang diketahui kebanyakan orang. Ternyata bumi memiliki spesies yang unik seperti kalajengking dan berbeda dengan spesies lain. Semoga ribuan jenis spesies kalajengking tersebut bisa tetap hidup lama di bumi ini dan tidak terancam punah akibat ulah manusia seperti beberapa spesies lain di bumi. (Muhammad Sufyan)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.