Sukses

3 Fakta tentang Air Ini Bisa Bikin Kamu Kepo

Ternyata masih banyak hal yang perlu diketahui manusia tentang air.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan manusia sangat membutuhkan air, baik untuk asupan di dalam tubuh atau untuk kehidupan sehari-hari. Namun, ternyata masih banyak hal yang perlu diketahui manusia tentang air. Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa di permukaan bumi ini ada beberapa jenis air, seperti air tawar, air payau, air asin, dan sebagainya. Tapi menurut info dari List25, Kamis 12 November 2015, ada beberapa fakta aneh lainnya tentang air yang bisa membuat Anda kepo.

1. Perbedaan Air Dingin dan Panas

Fakta yang satu ini pasti akan membuat Anda kepo atau ingin tahu. Pasalnya air dingin ternyata lebih berat ketimbang air panas. Tidak percaya? Coba sekarang timbang air dingin dan panas dengan volume yang sama. Akan tetapi kebalikannya, air panas ternyata bisa membeku lebih cepat ketimbang air dingin, tapi hanya pada kondisi tertentu. Unik sekali, ya? Ternyata perbedaan air dingin dan panas tidak hanya dari suhunya saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jumlah Air yang Bisa Diminum

2. Jumlah Air yang Bisa Diminum

Setiap hari manusia pasti membutuhkan air untuk diminum. Entah itu berupa air putih, teh, kopi, jus, dan sebagainya. Namun demikian ternyata dari keseluruhan air di bumi ini hanya ada 1 persen air yang bisa diminum. Dari total 1 persen tersebut, 90 persen air yang bisa diminum berada di Antartika. Lalu bagiamana dengan sisanya? Selain dari Antartika, sisa air yang bisa diminum juga berasal dari Danau Baikal di Rusia.

3. Tentang Air Mineral

Ketika Anda membeli sebotol air mineral, Anda pasti bisa melihat ada tanggal kedaluwarsa yang terdapat di tutup botol atau di bagian samping botolnya. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa ternyata yang bisa kedaluwarsa bukanlah airnya, melainkan botolnya. Ketika botol sudah mulai kedaluwarsa, maka zat-zat kimia pada botol akan tercampur ke dalam air dan bisa berbahaya jika diminum. Itu tadi adalah beberapa fakta mencengangkan tentang air yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang di luar sana. Bagaimana, semakin kepo dengan keunikan air yang lainnya? (Muhammad Sufyan)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini