Sukses

Pentingnya Sediakan Peralatan P3K di Rumah

Tidak seperti kulkas, televisi, atau sofa, kotak P3K adalah salah satu barang yang mungkin larut dalam daftar barang-barang yang dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Tidak seperti kulkas, televisi, atau sofa, kotak P3K adalah salah satu barang yang mungkin larut dalam daftar barang-barang yang harus kita miliki. Kecil-kecil begini, kotak P3K adalah penolong pertama ketika salah seorang penghuni kecelakaan di dalam rumah.

Saking besarnya manfaat, Koordinator Instalasi Gawat Darurat Brawijaya Children and Women Hospital, dr Dita Elvina mengatakan, kotak P3K wajib ada tidak hanya di rumah tapi juga di mobil dan tempat kerja kita. Inilah yang harus ada di dalam kotak P3K, "Harus ada alat pelindung seperti gloves, masker, alkohol, cairan antiseptik, dan krim antibiotik," kata Dita dalam diskusi media bersama Hansaplast Indonesia, ditulis Minggu (15/11/2015).

Karena kecelakaan paling umum terjadi pada anak adalah luka terbuka atau memar akibat jatuh, luka bakar ringan, dan tersengat listrik, kita pun harus menaruh kasa, perban, perekat, pinset, kapas, iodin, serta pereda rasa sakit seperti paracetamol. Jangan lupa menyimpan buku manual penggunaan alat-alat di dalam kotak P3K.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.