Sukses

[Tanya BPJS Kesehatan] Mengapa Pasien Diminta Pulang Paksa di RS?

Mengapa pada saat pasien dirawat di RS selama 1 bulan diminta pulang paksa dulu, padahal masih sakit.

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Salam,

Saya mau tanya, mengapa pada saat pasien dirawat di RS selama 1 bulan diminta pulang paksa dulu, padahal masih sakit. Apa alasannya? Karena waktu itu orangtua saya pernah mengalami hal seperti ini. Terima kasih.

Pengirim
feriwijXXXX@gmail.com


Jawab:

Yang berwenang menentukan pasien boleh pulang atau tidak adalah dokter atau tenaga kesehatan, atas dasar indikasi medis yang jelas. Sehingga, tidak dibenarkan jika ada pasien yang dipulangkan sebelum sembuh, karena alasan re-admisi atau administrasi.

Adapun pengobatan pasien BPJS Kesehatan harus tuntas 1 episode, dan dokter atau tenaga kesehatan lainnya harus memulangkan pasien saat sudah sembuh untuk memenuhi tanggung jawab etisnya sebagai tenaga kesehatan.

Hormat kami,

Departemen Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga
BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

Program Tanya BPJS Kesehatan akan tayang setiap Rabu dan Jumat. Bagi Anda yang ingin bertanya mengenai BPJS Kesehatan, silahkan kirim email pertanyaan Anda ke redaksi health.liputan6@gmail.com. Terima Kasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.