Sukses

Ini Sebabnya Tak Perlu Antibiotik Bila Anak Batuk Pilek

Batuk pilek merupakan cara tubuh untuk melindungi paru-paru dari menumpuknya lendir.

Liputan6.com, Jakarta Batuk pilek merupakan cara tubuh untuk melindungi paru-paru dari menumpuknya lendir. Jadi meski tenggorokan terasa gatal, ini adalah refleks untuk melindungi tubuh.

Begitu disampaikan Dokter Anak dr Nurul Hariadi MD FAAP dari Yayasan Orangtua Peduli (YOP) saat temu media Pekan Peduli Antibiotik Sedunia di Penang Bistro, Kuningan, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

"Penyebabnya tersering penyakit dengan gejala batuk, pilek, muntah dan diare tanpa darah adalah virus. Dan virus tidak dapat diatasi dengan antibiotik," katanya.

Menurut Nurul, tubuh kita memiliki sistem pertahanan tubuh yang baik. Saat kuman masuk maka imun tubuh akan melawannya. Jadi penggunaan antibiotik tidak akan berpengaruh.

"Antibiotik bukan digunakan untuk mencegah infeksi bakteri. Tapi untuk mengobati," ujarnya.

Nurul menambahkan, antibiotik dapat menyebabkan kerusakan ginjal, hati, interaksi dengan obat lain, reaksi kulit melepuh (anafilaksis), Steven-Johnson syndrome, pewarnaan gigi, gangguan hati saat hamil dan muncul kekebalan antibiotik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini