Sukses

Suka Konsumsi Gula? Awas Kerutan dan Jerawat Batu Hadir

Mengonsumsi terlalu banyak gula ternyata memiliki efek sangat buruk bagi kulit.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula memang terasa nikmat di lidah, sebut saja minuman bersoda atau kue-kue manis. Namun, Anda juga perlu memahami konsumsi gula berlebih tak cuma mampu buat jarum timbangan bergerak ke kanan, tapi juga hadirkan kerutan dan jerawat batu di wajah Anda.

Apa yang kita konsumsi akan berdampak pada penampilan kulit. Demikian disampaikan dokter naturopati yang mendalami perawatan kulit dari London, Inggris, Nigma Talib. Salah satu hal yang mudah terlihat bila mengonsumsi gula berlebih akan terlihat tampilan di wajah seperti:

- Munculnya garis atau kerutan halus di dahi bagian atas
- Kantong mata mengendur
- Muncul cystic acne atau jerawat batu. Ini adalah jenis jerawat yang memiliki ukuran relatif besar, tidak bermata, berawarna sedikit kemerahan karena adanya peradangan.
- Pipi tampak kempot
- Kulit wajah menipis
- Warna kulit wajah tampak pucat

Hal tersebut terjadi pada dasarnya karena konsumsi gula berlebih yang menyebabkan glycation, yakni sebuah proses yang membuat molekul glukosa berlebih melekat pada kolagan seperti dikutip laman Cosmopolitan, Rabu (11/11/2015).

"Jika tak ingin melihat kehadiran kerutan halus datang lebih cepat, saya sarankan menghindari konsumsi gula. Jika pun mengonsumsi gula, dalam level moderasi (sedang-sedang saja)," ujar dokter yang baru saja meluncukan buku Reverse the Signs of Ageing ini. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini