Sukses

5 Makanan dan Minuman yang Bantu Hindari Kembung

Makanan dan minuman anti kembung ini cocok untuk disantap sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Ubah pola makan sehari-hari supaya terhindar dari kembung. Caranya dengan menghindari makanan tinggi gula, gandum, dan perbanyak minum air putih serta protein untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Selain itu, membantu terhindar dari mengambil camilan pemicu terjadinya kembung.

Inilah makanan yang harus dikonsumsi untuk terhindar atau mengurangi kembung seperti diungkapkan ahli gizi dari NutriCenter di London, Inggris, Shona Wilkinson dikutip dari situs Daily Mail, Kamis (12/11/2015)

1. Daun mint

Selain sebagai penyegar napas, daun mint juga dikenal sebagai herbal yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan

Daun mint memiliki efek anti-spasmodik dan menenangkan. Coba minum teh daun mint begitu perut terasa begah akibat kembung.

2. Mengunyah makanan

Membawa bekal makan siang yang disiapkan sendiri ciptakan kebiasaan makan sehat. (news.com.au)

Kunyah setiap makanan yang ada di mulut minimal 30 kali. Mengunyah tidak hanya merangsang sekresi cairan pencernaan yang diperlukan untuk mencerna makanan tersebut.

Jangan lupa menyantap makanan cair seperti sup jika Anda tidak mau mengunyah terlalu banyak.

3. Minum 30 menit sebelum makan

Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

Hindari minum terlalu cepat setelah makan atau minum saat makan karena ini akan mencairkan asam klorida dan membuat pencernaan jadi tidak baik.

4. Minum banyak air

Mengonsumsi air kelapa muda akan menetralisir racun dan menguatkan sistem imun serta mampu meredakan rasa mual saat perjalanan. (Istimewa)

Minumlah banyak air supaya terhindar dari dehidrasi. Seperti minum air putih, air kelapa, teh, atau menyantap buah penuh kandungan air.

5. Teh hijau

Ilustrasi Teh Hijau (iStock)

Minum teh hijau di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme Anda sampai dua jam ke depan dan membantu Anda terhindar dari kembung. Penelitian telah menujukkan, minum 2 sampai 4 cangkir teh hijau atau oolong dapat membakar 17 persen kalori yang masuk ke tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini