Sukses

Sekali Konsumsi Minuman Berenergi, Tekanan Darah Meningkat

Sesudah 30 menit konsumsi minuman berenergi, tekanan darah melonjak naik.

Liputan6.com, New York- Mengonsumsi minuman energi bisa menyebabkan perubahan jangka pendek pada kesehatan orang dewasa yang sehat. Tapi jika dikonsumsi secara rutin, risiko terkena penyakit jantung meningkat.

Hal tersebut diungkap para peneliti dalam studi yang dipublikasikan pada 8 November 2015 dalam Jurnal JAMA juga dipresentasikan dalam pertemuan American Heart Association's Scientific Sessions di Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Dalam riset ini, partisipan mengonsumsi 480 mililiter dari sebuah minuman berenergi merek Rockstar. Usai mengonsumsi minuman ini, tepatnya 30 menit sesudah minum, tekanan darah dan hormon norepinephrine lebih tinggi dari dibandingkan bila mereka tidak mengonsumsinya. Hormon norepinephrine dilepaskan kelenjar adrenal dan meningkatkan tekanan darah.

Rockstar sendiri mengandung 240 mg kafein, serta stimulan lain yakni 2.000 mg taurin dan ekstrak biji guarana, akar ginseng dan milk thistle.

"Perubahan yagn terlihat dalam penelitian ini mungkin memengaruhi terjadinya risiko peningkatan kardiovaskular," tulis peneliti dalam studi mereka seperti dikutip laman Live Science, Selasa (9/11/2015).

Penelitian ini bukan pertama yang tunjukkan dampak buruk minuman berenergi bagi kesehatan jantung. Riset di awal tahun uji juga temukan fakta tekanan darah dapat meningkat usai konsumsi minuman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.