Sukses

Jepit Rambut Bersarang di Ginjal Bocah Laki-laki

Jepit rambut ini tertelan hingga sebabkan cedera usus bahkan sudah menancap di ginjal bocah asa Arab saudi ini.

Liputan6.com, New York- Memasukkan makanan ke dalam mulut sering dilakukan balita dan biasanya tak menimbulkan masalah serius. Namun nasib kurang beruntung terjadi pada seorang bocah laki-laki asal Arab Saudi. Jepit rambut yang ditelannya menyebabkan ususnya berlubang dan ginjalnya tertusuk.

Tim medis pun segera melakukan operasi untuk memperbaiki itu semua termasuk mengangkat jepit rambut dari tubuh si bocah malang. Untungnya anak ini mampu sembuh tanpa komplikasi lebih lanjut seperti diutarakan dokter yang merawatnya dalam laporan kasus Jurnal BMJ Case Reports.

"Anak-anak suka memasukkan benda ke mulut terutama ketika sudah mampu mengambil benda. Namun komplikasi serius akibat benda tertelan benar-benar langka, karena biasanya benda itu akan melewati saluran pencernaan dan berakhir di 'popok'," terang dokter yang merawat sekaligus penulis laporan, dokter dari departemen bedah KAMC-JD, National Guard Health Affairs di Jeddah, Yasmin Abdulaziz Yousef.

Namun ketika anak menelan benda yang tipis dan tajam seperti pin, paku, dan tulang ikan bisa menyebabkan masalah serius tutur Yousef kepada Live Science dikutip Selasa (10/11/2015).

Sebelum menjalani operasi, anak tersebut sudah mengalami nyeri di bagian kanan atas perut selama tiga bulan. Ia sudah alami demam dan menggigil. Bocah ini sebenarnya sudah dibawa ke dokter lalu pulang dengan diagnosa infeksi saluran kemih. Ketika resep antibiotik sudah habis, kondisinya tak kunjung membaik.

Bocah malang ini juga sudah melakukan penyinaran X-ray, terlihat jepit rambut tersangkut di perut kanan atas. Saat itu sang bocah mengaku menelan benda berujung tajam ini sekitar sebulan sebelum gejalanya muncul. Dokter meyakinkan orangtua bahwa jepit ini akan melewati sistem dan keluar bersama tinja.

Namun kondisi si bocah makin parah, pada Januari 2015 lewat CT Scan diketahui jepit ini telah menembus usus kecil dan menembus ginjal.

"Saya belum pernah mengalami kasus benda bersarang di ginjal," terang Yousef.

Para dokter segera melakukan operasi dan mengangkat jepit tersebut. Dan anak ini sembuh tanpa masalah hingga berita ini dilaporkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.