Sukses

Cacingan Bisa Jadi Masalah Serius Bila Kerap Diremehkan

Infeksi cacingan bila dibiarkan bisa mengganggu pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak.

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia infeksi cacingan sering terjadi pada anak-anak. Namun kerap diabaikan, terkadang disepelekan maupun dianggap lumrah. Padahal bila dibiarkan bisa mengganggu pertumbuhan fisik dan perkembangan otak.

Menurut dokter spesialis anak Sri Kusumo Amdani, cacingan sangat berbahaya bila terkena pada anak-anak usia di bawah empat tahun. Mereka akan kehilangan periode emas karena cacingan.

"Cacing dalam usus akan mengambil nutrisi dan zat gizi penting untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak-anak," terang dokter Dani dalam Gerakan Waspada Cacingan di Sasana Kriya, TMII, Jakarta pada Kamis (5/11/2015).

Tak cuma itu, pada anak-anak usia di atas empat tahun jika terkena cacingan anak akan tetap mengalami masalah dua hal tersebut. Penurunan gizi sebabkan anak jadi anemia, gangguan penyerapan makanan, nafsu makan turun, diare. Akibatnya anak jadi mudah sakit.

Lalu cacingan juga menyebabkan penurunan fungsi kognitif terlihat dari daya ingat menurun dan konsentrasi terganggu. Akibatnya kualitas sumber daya manusia jadi terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini