Sukses

9 Cara Menginformasikan Anak Perempuan Tentang Tubuhnya

Ketika anak perempuan berkembang, bahkan sebelum mengalami pubertas, dia akan memperlihatkan rasa ingin tahu tentang tubuhnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika anak perempuan tumbuh dan berkembang, bahkan sebelum mengalami pubertas, Anda akan menyadari bahwa dia akan memperlihatkan rasa ingin tahu terhadap tubuhnya. Itu hal yang normal. Doronglah dia untuk bertanya atau memulai obrolan untuk mencari tahu apa dan seberapa banyak yang sudah dia ketahui sambil mengukur apa dan seberapa banyak Anda bisa memberitahunya.

Merasa tidak nyaman, malu, atau tidak layak untuk membicarakan dan menjelaskan soal tubuh anak Anda merupakan hal yang normal. Namun, seberapa faktual dan lengkap informasi yang dia terima itu ada di tangan Anda, karena jika bukan Anda, anak perempuan Anda bisa mendapatkannya dari sumber lain yang belum tentu terpercaya.

“Banyak orang tua merasa tidak nyaman karena mereka tidak tahu harus memulai darimana, apa yang harus dibicarakan, dan bagaimana membicarakan topi-topik yang lebih sensitif,” ujar Dr. Rebecca Unger, seorang dokter spesialis anak di Northwestern Childrens’s Practice dan Wellness and Weight Management Clinic di Lurie Children's Hospital. “Orang tua juga bisa kekurangan informasi untuk bisa memberikan nasihat yang akurat dan membantu, dan mereka merasa tidak yakin soal seberapa detil info yang harus diberikan,” tambahnya.

Ambillah kesempatan untuk membantu anak perempuan Anda memahami perspektif dan nilai-nilai di keluarga Anda, sehingga dia bisa membangunnya sendiri nanti.

"Hal yang paling penting adalah menghabiskan waktu bersama dan terbukanya alur komunikasi,” tambah Dr. Unger. “Studi menunjukkan bahwa acara makan keluarga mengurangi perilaku mengambil resiko pada anak remaja, dan tidak pernah terlalu awal untuk memulai hal itu.”

Dilansir dari Parenting, Kamis, 5/11/2015, untuk membantu Anda lebih percaya diri, inilah 9 cara menjelaskan tentang tubuh pada anak perempuan Anda:

1. Ukuran dan bentuk tubuh tidak ada yang sama

Daripada membicarakan penampilan fisik dan berat tubuh anak Anda, tekankanlah tentang kesehatannya. Dia akan cukup mendapatkan kritikan dan gambaran tidak masuk akal mengenai bentuk tubuh dari media. Jika Anda hanya fokus pada bentuk tubuh anak perempuan Anda juga akan akan mempunyai perilaku yang sama. Daripada itu, dorong dan dukunglah dia dengan memberikan komentar positif tentang hal-hal yang tidak berhubungan dengan tubuhnya.

2. Lebih aktif dan cobalah hal baru

Tubuh sangat luar biasa dan bisa untuk banyak hal: tertawa, berolahraga, berdansa, berdiri, berpikir, belajar, dan banyak hal lainnya. Daripada memfokuskan pada berat badan anak perempuan Anda, doronglah dia untuk lebih aktif karena dia merasa senang atau untuk mendapatkan teman baru.

3. Rawatlah mulai dari kepala (dan otak), sampai kaki

"Tidur yang cukup, biasakan pola makan yang sehat, dan aktif,” ujar Dr. Unger. “Dorong anak Anda untuk memakan dua makanan biasa, dua kudapan sehat, 5 buah dan sayuran setiap harinya, dan batasilah konsumsi minuman yang mengandung gula.” Kebersihan diri juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya.

4. Bagaimana tubuh bekerja

"Tubuh adalah sesuatu yang indah, namun terkadang suara-suara dan bebauan muncul dari sana,” terang Missy lavender, pendiri dan direktur eksekutif dari Women’s Health Foundation , dan salah satu penulis buku Below Your Belt: How to be Queen of Your Pelvic Region. Mengajarkan anak perempuan anda tentang perbedaan-dan normalnya-fungsi dri bagian tubuh, seperti vagina, daerah pinggul, perut, akan membuat dia lebih nyaman dan percaya diri dengan tubuhnya. Anda bisa menjelaskan hanya secara umumnya saja dan abstrak pada usia ini, namun tetaplah gunakan terminologi anatomi tubuh yang benar untuk menghindari kebingungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan hormon dan pubertas

5. Perubahan dan pubertas

Pastinya Anda ingin menyiapkan anak perempuan sebelum perubahan pada tubuhnya terjadi. “Membantu anak perempuan yang sedang tumbuh, dengan cara yang sesuai, memahami perubahan yang akan terjadi pada tubuh mereka bisa membantu memudahkan mereka menjalaninya,” ujar Dr. Unger. Khususnya, kesehatan reproduksi dan menstruasi adalah topik penting yang bisa dibicarakan dengan anak perempuan Anda. “Dengan memahami apa yang akan dialami oleh tubuhnya akan membantu anak Anda tidak menjadi malu akan hal itu,” tambah Lavender.

6. Seks dan libido

Ajarkan anak Anda untuk menghormati dirinya dan tubuhnya sendiri, dan bicarakan seks dalam konteks mencintai, dan mempunyai sebuah hubungan yang sehat. “Awal mula anak-anak belajar mengenai seks adalah dari melihat orang-orang di sekitar mereka,” seru Lavender. “Mengajarkannya tentang perilaku dasar tentang tubuhnya dan pentingnya berbagi dengan orang yang juga menghargai dan menyayanginya, jauh lebih baik daripada membicarakan aktivitas seks itu sendiri.”

7. Berhati-hatilah di dunia maya

Walaupun Anda harus menghormati privasi anak, Anda juga harus menyadari atas apa yang sedang terjadi dengan dirinya, secara fisik dan sosialnya. Ajarilah dia tentang tanggung jawab media sosial dalam terminologi yang dimengerti oleh anak perempuan Anda: bahwa apapun yang dikirimkan secara online, termasuk gambar yang menginformasikan mengenai dirinya, bisa dilihat semua orang, kapan saja, dan untuk selamanya. Bergabunglah dengannya ketika dia sedang aktif di media sosial, jadi Anda bisa mengetahui dengan siapa dia berinteraksi, dan apa yang dia publikasikan, dan batasilah waktunya dalam hal ini.

8. Sayangi dan lindungilah dirimu sendiri

“Ajarilah anak perempuan Anda bagaimana meminta tolong kepada orang dewasa jika dia merasa tidak aman atau nyaman,” ujar Dr. Unger. “Sebagai contoh, mereka harus tahu siapa dan bagaimana cara memberitahu orang dewasa jika mereka dibully, dan mereka harus berani berkata tidak jika itu terjadi.”

9. Hormatilah orang lain, dan jadilah orang baik

Ajarkan anak perempuan Anda melihat kecantikan didalam dirinya sekaligus menerima keunikan atau perbedaan yang dimiliki oleh orang lain, sama seperti cara Anda mengajarkan untuk berpikiran positif mengenai bentuk tubuhnya. “Intinya, membantu anak perempuan Anda memahami pentingnya memperlakukan orang lain sebagaimana dia ingin diperlakukan.” tutup Dr. Unger.

Ada banyak sumber referensi untuk membantu Anda mengajarkan anak Anda mengeni tubuhnya, mulai dari donter anak Anda dan guru, hingga buku dan portal web. Terlibat secara aktif dalam hidupnya dan tetap memperhatikannya akan sangat membantu anak perempuan Anda lebih mudah membicarakan topik sensitif tentang tubuhnya. (Melodia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.