Sukses

3 Langkah Mudah Melatih Anak Makan Sayuran

Anak-anak memiliki kecenderungan memilih-milih makanan, dan sayuran termasuk salah satu yang dihindari.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang tua, kita selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi anak. Dalam hal makanan, tentunya kita semua ingin anak mengonsumsi makanan sehat. Sayuran selalu menjadi satu hal yang dihindari oleh anak-anak. Dikutip dari The Stir, Rabu, 4/11/2015, berdasarkan studi terbaru ada 3 langkah mudah untuk melatih anak menyukai sayuran.

Dan ini tidak susah untuk dilakukan. Menurut Aston University and Loughborough di Inggris Raya, hanya membutuhkan 3 hal ini untuk melatih anak-anak Anda.

Pertama-tama adalah repetisi. Anda harus selalu menyediakan mereka sayuran (atau apapun makanan baik yang mereka tidak mau makan) setiap hari. Kedua, menjadi contoh, artinya Anda harus memberikan contoh kepada si anak dengan ikut mengkonsumsi sayuran yang sama dan menikmatinya. Lalu apresiasi, yang mana terdengar sangat mudah, yaitu Anda harus memuji dan mengapresiasi mereka karena mereka telah memakan sayurannya.

Mungkin Anda sudah mengetahui langkah-langkah di atas, atau Anda justru meragukannya. Namun para peneliti cukup sukses dengan hal ini. Tiga langkah tersebut menjadikan anak-anak memakan sayurannya 7 kali lebih banyak sebelum mengikuti penelitian ini.

Para peneliti ini mengawasi 115 anak-anak dengan umur 2 hingga 4 tahun, dan mereka semua diberi jenis sayuran yang sama oleh orang tua mereka dirumahnya. Dibagi dalam beberapa kategori grup, para orang tua ini mencoba mengajak anak-anak mereka untuk memakan sayurannya dengan berbagai metode.

Kemajuan terbesar adalah anak-anak yang diajak menggunakan 3 metode diatas. Dari mengkonsumsi sayuran sebanyak 0.6 gram sebelumnya, menjadi 4 gram sayuran ketika selesai mengikuti studi ini.

Memang terkadang meminta anak-anak memakan sayuran menjadi sangat sulit, namun tidak ada salahnya mencoba tiga langkah di atas secara konsisten. (Melodia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini