Sukses

7 Ahli Ungkap Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Hanya butuh sedikit usaha dan beberapa trik, Anda bisa menurunkan berat badan degan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan orang, menurunkan berat badan bisa jadi hal tersulit dalam hidupnya. Segala cara telah dilakukan. Tak tanggung-tanggung, bahkan diantara mereka ada yang rela tidak makan sehari penuh agar langsing.

Padahal menurut para ahli, cara ini cukup keliru. Sebab bagaimanapun, tubuh membutuhkan asupan nutrisi agar segala organnya bisa bekerja dengan baik.

Hanya butuh sedikit usaha dan beberapa trik, Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Berikut 8 ahli nutrisi mengungkap cara mudah menghilangkan bobot lebih di tubuh, seperti dikutip Dailymail, Rabu (4/11/2015):

1. Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu bahan rahasia yang dapat membantu sistem pencernaan dan memecah makanan sehingga dapat menyerap nutrisi lebih efisien. Ahli gizi Madeleine Shaw mengatakan, dirinya sering menggunakan cuka apel untuk dressing salad saat makan siang. 

2. Hati-hati minuman keras

Alkohol memiliki kalori tersembunyi, jadi sebelum Anda meneguk segelas anggur, anggap saja sedang mengonsumsi sebungkus cokelat.

Sebuah Pina Colada dapat berisi 500 kalori- lebih dari kalori makan siang. Shaw menyarankan untuk menghindari alkohol sama sekali. Sekalipun harus meminumnya, pilih Martini. 

3. Kunyah makanan perlahan

Ini ilmu yang harus diterapkan bagi semua orang. Menurut ahli diet, Martin Shirran, enzim amilase yang ada di air liur mulut Anda sangat penting untuk menguraikan makanan.

Semakin cepat Anda mengonsumsi makanan, semakin sedikit air liur membantu tubuh Anda membakar lemak. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan tepat waktu

4. Makan tepat waktu

Pastikan makan tepat waktu dan tidak kelaparan. Ahli gizi Gareth Nicholas juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan kecil setiap tiga jam untuk menangkis rasa lapar.

5. Tipu pikiran

Gunakan piring dan piring kecil untuk setiap makanan Anda. Direktur medis di Bupa, Dr Tim Woodman mengatakan, perbanyak buah dan sayuran.

6. Hindari kafein

Penulis The Body Rescue Plan and The Body Rescue Detox Recipes, Christianne Wolff mengatakan, kafein dapat menurunkan metabolisme dan memburuk kualitas tidur Anda.

6. Program ulang pikiran

Psikoterapis dan hipnoterapis Toni Mackenzie mengatakan, bicara pada diri sendiri secara positif, visualisasi dan lihat bagaimana diri langsing, bugar dan sehat. Cara ini bagus untuk menciptakan fokus mental sehingga Anda akan termotivasi.

7. Mengunyah 30 kali

Makan sampai kenyang dan makan dengan cepat, tiga kali lipat berisiko kelebihan berat badan. Untuk itu ahli gizi, Elouise Bauskis mengatakan, perlu waktu untuk mengunyah makanan. Apalagi karbohidrat membutuhkan enzim saliva seperti amilase yang rumit saat memecah makanan.

Semakin lama  mengunyah makanan, semakin kecil partikel yang masuk ke perut, maka akan lebih mudah organ untuk mencerna. Artinya, Anda juga akan mendapatkan lebih banyak nutrisi karena penyerapan lebih mudah.

8. Tidak semua kalori sama

Jangan menimbang kalori pada makanan Anda. Menurut co-founder dari Fare Healthy, Shelley Martin Light sejumlah makanan saling melengkapi gizinya. Jadi mengonsumsi makanan harus beragam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini