Sukses

5 Trik Atasi Hidung Tersumbat

Mengalami hidung tersumbat di malam hari, apalagi sebelum tidur tentu akan menganggu

Liputan6.com, Jakarta Mengalami hidung tersumbat di malam hari, apalagi sebelum tidur tentu akan menganggu. Biasanya, hidung akan mampat apabila kita mengalami gejala flu.

Satu kebiasaan yang salah dan kerap dilakukan saat hidung tersumbat adalah mencoba membuang ingus. Hal ini akan memperburuk penyakit karena lendir akan masuk ke paru-paru dan menyebabkan infeksi.

Lantas, bagaimana mengatasinya? Simak ulasannya, seperti dikutip Times of India, Selasa (3/11/2015):

1. Ketika Anda berada di tempat tidur, selalu menjaga kepala Anda di posisi tinggi

Hal ini akan membantu mengurangi pembentukan lendir. Cara terbaik adalah tidur dengan wajah menghadap langit-langit.

2. Bawang

Cukup mengiris bawang dan mencium baunya. Bawang adalah dekongestan alami yang bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan untuk membersihkan hidung Anda. Cara termudah untuk menyingkirkan hidung tersumbat adalah mengupas dan mengendus bawang selama lima menit dan Anda bisa bernapas lega.

3. Konsumsi makanan pedas

Ya itu membantu. Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, bahan kimia yang disebut Capsaicin akan membantu membersihkan rongga hidung Anda.

4. Minum banyak air hangat

Teh atau kopi panas juga membantu. Uap akan membantu mengencerkan lendir. Minuman panas, terutama teh dapat membantu mengatasi hidung tersumbat.

5. Menghirup uap

Tambahkan beberapa tetes mint ke air panas. Kemudian tutup kepala Anda dengan handuk dan kemudian hirup uapnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini