Sukses

Begini Caranya Bisa Melek Tanpa Kopi

Walaupun memang bermanfaat, kopi tetap memiliki efek negatif yang harus diwaspadai.

Liputan6.com, Jakarta Kopi telah menjadi budaya dan gaya hidup manusia. Jutaan orang memulai harinya dengan secangkir kopi panas untuk membantu menyingkirkan rasa kantuk di pagi hari. Banyak juga yang meminum kopi di siang hari agar tetap segar bekerja.

Namun walaupun kafein memang mempunyai manfaat, tidak bisa dipungkiri, minuman ini pun punya sisi negatif. Mengkonsumi kopi secara rutin setiap hari bisa menyebabkan meningkatkan tekanan darah, dan membuat detak jantung menjadi tidak biasa, karenanya akan lebih baik jika Anda bisa terjaga tanpa bantuan minuman berkafein ini. 

Dilansir dari Times of India, Senin, 2/11/2015, berikut beberapa tips untuk membuat Anda tetap terjaga tanpa kopi:

Perbanyak frekuensi makan dengan mengurangi porsinya

Sebuah studi yang dikeluarkan oleh American Dietic Association mengungkapkan bahwa memakan makanan dengan porsi kecil namun sering bisa membantu meningkatkan energi tubuh dengan suplai vitamin dan mineral untuk tubuh. Pakar kesehatan percaya bahwa jeda waktu makan yang terlalu jauh dapat menurunkan tingkat gula darah ditubuh yang sangat berpengaruh kepada energi.

British Medical Journal merekomendasikan 6 kali makan sehari dengan porsi kecil dapat menjaga tingkat kolesterol tubuh.

Kurangi konsumsi daging

Apakah Anda tahu bahwa mencerna daging dapat menghabiskan energi Anda? Ini disebabkan karena daging mengadung protein yang sangat tinggi, dan relative mengandung lemak lebih tinggi untuk dicerna, terlebih jika daging tersebut dimasak secara baik. Lebih lagi, kandungan hormone dan pestisida tertentu dalam daging bisa mempengaruhi tingkat energi tubuh. Namun hal ini bukan berarti Anda tidak boleh memakan daging sama sekali.

Hindari Cemilan Manis Disore Hari

Untuk mencegah letih dan tetap berenergi tanpa harus memanjakan diri dengansegelas kopi, adalah penting untuk menghindari segala macam bentuk godaan makanan manis. Ketika sore hari adalah waktu dimana tubuh sedang mengalami penurunan kadar gula darah. Biasanya, pada waktu-waktu inilah kita mencari makanan untuk menambah energi, dan mengkonsumsi makanan manis sangat menyenangkan diwaktu sore hari. Cobalah untuk mengatasi godaan ini, karena gula bisa menurunkan tingkat energi Anda.

Perbanyak konsumsi gandum

Kebanyakan orang memilih kopi dan produk mengandung kafein lainnya untuk meningkatkan energi. Namun hal yang patut diingat adalah, energi yang didapat hanya berefek sebentar, dan akan kebanyakan diikuti rasa lebih lelah dibanding sebelumnya. Disinilah gandum akan menyelamatkan Anda. Makanan ini sangat bermanfaat untuk menstabilkan energi Anda sepanjang hari.

Minumlah air yang cukup

Lebih dari 2/3 tubuh manusia adalah cairan. Tubuh membutuhkan cairan untuk menjaga fungsi tubuh dengan baik, seperti menjaga suhu tubuh, dan melancarkan pencernaan. Karena itu sangat disarankan utnk mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Makan buah ketika perut kosong

Memakan apel atau jeruk ketika perut Anda sedang kosong adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa kantuk dan memperoleh energi. Sifat alkali dari makanan ini dapat memberikan asupan energi untuk tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi keedua buah ini elbih sering, daripada mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan asam.

Konsumsi makanan rendah glycemic

Makanan rendah glycemic seperti sayur-sayuran, gandum utuh, dan sebagian buah merupakan makanan yang harus dikomsumsi untuk mencegah kelesuan dipagi hari. Dibandingkan dengan mengkonsumsi kopi dipagi hari, cobalah untuk memulai rutinitas sehat dengan mengkonsumsi makanan-makan tersebut dalam jumlah kecil sebelum tidur dimalam hari.(Melodia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini