Sukses

Peneliti Tekankan Bahaya Konsumsi Gula

Tidak mengonsumsi gula selama sembilan hari mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Kurangi konsumsi gula bisa menurunkan risiko terkena penyakit, kata para ahli. Tidak memasukan gula ke dalam tubuh selama sembilan hari, sekali pun tidak mengurangi jumlah kalori, secara signifikan mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta tingkatkan fungsi hati.

Para ilmuwan di balik penelitian ini menunjukkan, metabolik jadi tidak sehat bukan karena kalori tapi karena gula. Penelitian ini mengamati efek pembatasan konsumsi gula pada sindrom metabolik, sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe dua.

Sindrom metabolik dapat termasuk tekanan darah tinggi, kadar glukosa darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan kadar kolesterol normal.

Dikutip dari situs Daily Mail, Jumat (30/10/2015), Komite Penasehat Ilmiah Pemerintah Inggris yang fokus pada nutrisi mengatakan, saat ini semakin banyak bukti yang memerlihatkan asupan gula berperan besar dalam peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe dua, dan kanker.

Mereka juga memeringatkan, sepertiga asupan gula pada anak berasal dari minuman ringan dan jus buah kemasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.