Sukses

Melahirkan Anak Bisa Perpanjang Usia Wanita

Memiliki anak bisa memperpanjang usia wanita. Bahkan menyusui digambarkan sebagai obat agar panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan, memiliki anak bisa memperpanjang usia wanita. Bahkan menyusui digambarkan sebagai obat agar panjang umur.

Seperti diberitakan Dailymail, Jumat (30/10/2015), ilmuwan menganalisis data dari 322.972 perempuan di sepuluh negara Eropa. Selama 13 tahun penelitian, 14.383 wanita meninggal. Hampir 6.000 kematian karena kanker dan 2.400 disebabkan oleh penyakit jantung.

"Diperkirakan, perubahan hormonal yang terjadi setelah memiliki anak dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker. Khususnya bagi wanita yang memiliki anak pertama di usia 20 tahunan," tulis penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal BMC Medicine.

Kendati demikian, ilmuwan memperingatkan, studi ini berlaku selama wanita tidak merokok. Sebab rokok bisa merusak perubahan hormonal.

Penelitian sebelumnya telah menemukan, wanita yang menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara hampir 5 persen. "Kadar estrogen, kemungkinan memicu hormon yang dapat memicu kanker payudara, dan kadar hormon ini menurun ketika seorang wanita menyusui. Memeberikan ASI juga dapat mengubah sel-sel di payudara, menjadi lebih sehat.

Penelitian juga menunjukkan, kebahagiaan pasangan meningkat setiap kelahiran seorang anak-hingga anak ketiga. 

Jadi, apakah Anda telah siap untuk memiliki anak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini