Sukses

4 Makanan Hebat untuk Otak Cemerlang

Mulai dari ikan laut hingga sayuran hijau.

Liputan6.com, New York- Berbagai penelitian sudah menunjukkan aneka makanan tertentu mampu membantu memperkuat ingatan, mencegah pikun, bahkan Alzheimer. Kombinasi diet Mediterania dan DASH terwujud dalam aneka buah, sayuran, lemak sehat dan protein.

"Secara umum, apa yang sehat bagi jantung baik juga bagi otak," tutur profesor dari Mayo Clinic yang fokus pada penelitian penyakit Alzheimer dan neurogeneratif, Mielke.

Berikut empat makanan berdasarkan kombinasi diet tersebut yang mampu cegah otak jadi pikun seperti dikutip laman Prevention, Kamis (29/10/2015).

1. Ikan laut

Ikan laut mengandung dua nutrisi utama yang membantu otak tetap tajam, yakni lemak Omega-3 dan Vitamin D. Penelitian dari Tuffts University, Amerika Serikat menemukan orang yang konsumsi salmon, tuna, halibut secara rutin tiga kali seminggu risiko terkena Alzheimer berkurang hingga 40 persen.

2. Sayuran berdaun hijau

Kaya dengan Vitamin K, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, kaya terbukti memperlambat penurunan kognitif. Hebatnya, orang yang konsumsi 1-2 porsi sayuran hijau setiap hari kemampuan kognitifnya 11 tahun lebih muda dibanding orang yang jarang konsumsi.

3. Minyak zaitun

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer menemukan fakta bahwa minyak zaitun extra virgin meningkatkan ingatan. Penelitian lain juga temukan manfaat minyak ini terkait dengan penurunan risiko Alzheimer.

4. Blueberry

Buah yang satu ini memang tak tumbuh di Indonesia, namun manfaatnya sangat hebat bagi otak. Buah ini mengandung antioksidan yang menyehatkan otak. Senyawa di dalamnya mampu melindungi sel-sel otak dari oksidasi dan meningkatkan komunikasi neuron otak. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.