Sukses

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Sebelum Olahraga

Menyiapkan berbagai kebutuhan yang Anda perlukan sebelum berolahraga tentunya sudah menjadi rutinitas Anda.

Liputan6.com, Jakarta Menyiapkan berbagai kebutuhan yang Anda perlukan sebelum berolahraga tentunya sudah menjadi rutinitas Anda. Dan rasa-rasanya, Anda juga sudah tahu apa-apa saja yang harus dilakukan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang TIDAK boleh Anda lakukan sebelum berolahraga? Dilansir dari Women's Health, Kamis, 29/10/2015, berikut 5 pantangan sebelum berolahraga:

1. Minum minuman beralkohol
"Sedikit saja minum minuman beralkohol sebelum berolahraga sebenarnya sudah terlalu banyak," kata ahli kebugaran Mike Donavanik. "Walaupun memang tergantung tingkat toleransi masing-masing orang, namun tetap saja minuman beralkohol akan membuat Anda kekelahan, dehidrasi, mempersempit pembuluh darah, melemahkan sistem motorik, dan banyak efek samping lainnya," tekan Mike.

Belum lagi, satu gelas anggur merah saja sudah dapat menurunkan kadar gula darah, yang akan berujung pada gemetar dan otot lemah yang dapat membuat Anda cedera saat berolahraga.

2. Minum terlalu banyak air
Saat berolahraga Anda tentunya membutuhkan air minum untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Namun, minum terlalu banyak satu jam sebelum mulai berolahraga justru malah memberikan efek buruk.

Ginjal Anda dapat memproses satu liter air dalam waktu satu jam, namun jika Anda minum lebih dari itu, Anda bisa menciptakan risiko bagi diri Anda sendiri. Hyponatremia adalah kondisi yang bisa terjadi ketika Anda terlalu banyak minum sebelum berolahraga, dimana darah Anda menjadi lebih encer, kadar sodium ion dalam darah menurun drastis.

Simptommya adalah hilangnya energi, otot melemah, dan kram. Dalam bentuk ekstremnya, hyponatremia juga bisa mengakibatkan kejang dan koma.

Donavanik menyarankan untuk minum dua sampai tiga gelas air dua sampai tiga jam sebelum berolahraga. Minum terlalu banyak air juga dapat mengakibatkan mual dan muntah.

3. Makan makanan pedas
"Makan besar dengan rasa besar juga adalah pantangan utama sebelum berolahraga, jika Anda tidak ingin terkena heartburn atau reflux," kata Georgie Fear, penulis buku Lean Habits for Lifelong Weight Loss.

Sementara itu Donavanik juga mengatakan bahwa mulai berolahraga saat tubuh Anda masih mencerna makanan dapat mengakibatkan kram otot. "Jika Anda berencana melakukan latihan yang serius dan berat, hindari daging, telur, jagung, dan makanan apapun yang susah dicerna oleh perut Anda. Pilihlah makanan yang ringan, seperti buah dan karbohidrat dalam waktu dua jam sebelum berolahraga." Bonus poin, karena makanan tadi mudah dicerna, mereka dapat memberi tenaga ekstra untuk menambah intensitas olahraga Anda.

4. Bercinta panas dan liar
"Jika Anda dan pasangan bercinta dengan liar dan panas, seks dapat menurunkan intensitas latihan Anda, karena Anda sudah menghabiskan banyak energi," kata Donavanik.

Tak hanya itu, saat bercinta tubuh melepaskan zat oksitosin, yang akan membuat tubuh merasa santai dan tenang. Jadi, jika Anda berencana untuk melakukan latihan serius, hindari bercinta liar sebelumnya.

5. Mencoba menyentuh jari kaki Anda
Pemanasan dengan cara membungkuk dan menahan tubuh ternyata adalah salah satu hal yang dilarang. "Saat Anda berolahraga, tubuh Anda perlu berkontraksi seintens dan sekuat mungkin," kata Donavanik. "Jadi jika Anda melemaskan otot-otot Anda sebelumnya, Anda malah membatasi kemampuan mereka untuk bekerja secara efisien.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, para pelaku olahraga yang melakukan pelemasan otot sebelum berolahraga mengurangai kekuatan otot mereka sebanyak 8,36 persen, dan menurunkan kestabilan tubuh sebanyak 22,68 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini