Sukses

Lampu Jalan Berwarna Biru Bisa Turunkan Angka Kejahatan

Jepang dan Skotlandia sekarang menggunakan lampu jalan berwarna biru, karena dipercaya hal ini dapat menurunkan angka kriminalitas.

Liputan6.com, Jakarta Jepang dan Skotlandia sekarang memilih menggunakan lampu jalan berwarna biru. Cahaya biru yang menenangkan ini asalnya ditujukan untuk menonjolkan beberapa lanskap area di kedua negara ini.

Namun, tanpa diketahui sebelumnya oleh pemerintah tata kota, daerah yang menggunakan lampu jalan berwarna biru tadi menjadi lebih aman karena angka tindak kejahatannya mengalami penurunan.

Tak hanya itu, beberapa stasiun kereta api di Jepang sekarang juga sudah mengganti lampu stasiun mereka menggunakan bola lampu berwarna biru. Hal ini karena mereka percaya cahaya kebiruan tadi bisa menekan tingkat bunuh diri.

Sebagai salah satu negara dengan tingkat stress paling tinggi, angka bunuh diri di negara matahari terbit ini cukup tinggi. Salah satu cara yang 'digemari' adalah dengan melompat ke depan kereta yang melintas.

Menurut laporan dari Mito Office perwakilan dari Japan Railway Company, sejak mereka menggunakan bola lampu berwarna biru tingkah bunuh diri menurun drastis, bahkan hilang sama sekali di salah satu stasiun.

Walaupun belum ada penelitian yang jelas mengenai hal ini, dan walaupun beberapa ilmuwan meragukan keefektifan sinar lampu berwarna biru ini dalam menurunkan angka kejahatan dan bunuh diri, sebagian ilmuwan lain dapat memberikan penjelasan yang masuk akal.

Mizuki Takahashi dari Japan Institute of Color Psychology mengatakan kepada New York Times, "Kita mengasosiasikan warna biru dengan langit dan laut. Warna ini memiliki efek menenangkan bagi orang-orang yang gelisah, atau terhadap orang-orang yang sedang terobsesi pada suatu hal, seperti yang biasa dialami oleh orang-orang yang memiliki niat bunuh diri."

Walaupun belum ada pembuktian yang jelas dan penjelasan secara ilmiah, namun penggunaan lampu jalan ini tetap layak dicoba. Seperti mengutip perkataan Mito Office kepada Rocket News, Rabu, 28/10/2015, "Kita memang baru melihat efek dari lampu berwarna biru ini dalam waktu singkat, tapi jika memang bisa mengurangi terjadinya tragedi, bahkan walau cuma sedikit, hal ini sangatlah layak dicoba."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.