Sukses

7 Hal yang Senantiasa Dilakukan Orang Baik

Kebaikan menciptakan kepercayaan, penerimaan, dan kenyamanan.

Liputan6.com, Jakarta Sulit untuk tidak jatuh cinta pada seseorang yang memiliki kepribadian yang begitu baik bukan?

Banyak referensi ilmiah yang menyebutkan bahwa kebaikan meningkatkan kesehatan dan kebahagian hidup. Peneliti menunjukkan bahwa kebaikan juga memberi pengaruh positif pada suatu hubungan. Kebaikan membantu banyak pasangan tetap setia menjalani hidup bersama. Semakin pasangan Anda menerima banyak kebaikan, semakin berlimpah juga dia menghujani Anda dengan kebaikannya.

Kebaikan menciptakan kepercayaan, penerimaan, dan kenyamanan. Kebaikan yang berasal dari hati tentu akan terasa dampaknya dan akan mendapat respon positif dari lingkungan. Namun, sikap baik yang dilakukan sebagai bentuk kepura-puraan pun akan terasa berbeda. Lantas bagaimana mengenali kebaikan yang benar-benar tulus dilakukan seseorang?

Berikut 7 sikap yang konsisten dilakukan seseorang yang tulus melakukan kebaikan, seperti dilansir dari Yourtango, Rabu (28/10/2015):

1. Mereka baik pada diri sendiri

Mereka tahu bahwa berlaku spontan dan murah hati harus berasal dari energi positif di dalam diri. Jadi, mereka memenuhi kebutuhannya sendiri dulu sebelum memberi perhatian pada orang lain. Sebagai dampaknya, kita serasa mendapat hadiah luar biasa ketika menerima perhatian mereka.

2. Mereka pandai bersyukur

Benar-benar bersyukur secara mendalam atas hidup dan semua berkahnya merupakan suatu tantangan sekaligus pelajaran. Mereka akan meluangkan waktu di setiap kesempatan untuk melihat sisi positif setiap kejadian. Mereka mengerti setiap tantangan dan menghadapinya. Mereka juga akan membantu orang lain agar tetap memandang dari sisi positif. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Benar-benar mendengarkan

3. Mereka benar-benar mendengarkan

Meski ada hal ingin mereka sampaikan, mereka tahu caranya benar-benar mendengarkan lebih dulu apa yang ingin disampaikan lawan bicaranya. Maka dari itu orang yang tengah berbicara merasa dihargai dan dipahami. Mereka mendengarkan dengan penuh perhatian dan tak menyela omongan.

4. Mereka percaya diri

Rasa percaya diri mereka membuat mereka bisa menunjukkan kebesaran hati tanpa mengharapkan balasan. Orang lain mendapati kualitas ini begitu menarik. Orang baik tak perlu membuat orang lain merasa buruk untuk membuat mereka tampak baik.

5. Mereka peduli secara tulus

Orang baik memerhatikan kebahagiaan dan selalu memikirkan kesejahteraan orang lain. Dengan tetap menghargai batasan, mereka akan mendukung dan merayakan kesuksesan Anda. Mereka ingin tahu bagaimana Anda melewati hari, bagaimana kabar ibu Anda, dan apakah orang-orang dalam hidup Anda memperlakukan Anda dengan baik.

6. Mereka sering tertawa

Orang baik bisa melihat humor dan ironi di setiap situasi, tanpa kesan sinis yang biasa diperlihatkan orang lain. Hidup itu lucu! Anda orang-orang luar biasa ini mengerti bahwa terkadang hadiah terbaik yang bisa diberikan bagi orang lain hanyalah sesederhana membantu mereka tertawa. Melontarkan komentar jenaka di saat yang tepat adalah kelihaian mereka.

7. Mereka penuh hormat

Mereka tumbuh dalam perbedaan namun tak mengharapkan orang lain itu berbagi pendapat. Mereka menerima bahwa Anda pun berhak memiliki sudut pandang berbeda, meski mereka tak sependapat. Dan mereka tak pernah mempermalukan orang lain dengan cara apa pun, verbal maupun nonverbal. Mereka melindungi orang lain agar tak merasa kecil di hadapan orang lainnya. 

Apakah Anda memiliki kualitas orang baik seperti yang telah disebutkan? 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.