Sukses

Manfaat Diet Sehat Sejak Kanak-kanak

Jantung dan hati lebih sehat dibandingkan yang baru mulai di usia pertengahan.

Liputan6.com, New York- Jika mau jujur sebagian dari kita baru memulai makan sehat ketika sudah berusia dewasa. Biasanya ini terjadi ketika sudah mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Jalani diet sehat dengan memperbanyak buah dan sayur serta mengurangi daging berlemak biasanya dilakukan.

Tapi menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal Circulation lebih baik jalani diet sehat sejak anak-anak. Konsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup sejak kecil berdampak bagi kesehatan jantung mereka 20 tahun kemudian.

Hal ini diketahui lewat riset yang dilakukan ahli jantung dari Minneapolis Heart Institute, Amerika Serikat Michael Miedema terhadap 2.500 pria dan wanita usai 18-30 tahun. Mereka diminta menjawab pertanyaan kebiasaan makan saat kecil dan jalani coronary calcium scan.

Coronary calcium bisa menjadi indikator dari risiko serangan jantung. Kehadiran coronary calcium bisa membentuk plak yang bisa mempersempit pembuluh jantung yang kemudian bisa pecah dan sebabkan serangan jantung.

Ternyata mereka yang mengonsumsi tujuh sampai sembilan porsi buah dan sayuran dalam sehari kemungkinan ada coronary calcium dalam arteri 25 persen lebih rendah dibandingkan yang hanya makan 2-4 porsi sehari. Ini artinya risiko mereka untuk terkena penyakit jantung lebih rendah.

Lalu, mereka yang biasa mengonsumsi buah dan sayur juga cenderung memiliki kebiasaan banyak makan ikan dan kacang-kacangan. Hal ini pun membuat orang yang jalani diet sehat sejak kecil kesehatan hatinya terjaga. 

"Kami mengatakan bahwa konsumsi makanan sehat di usia muda itu penting," terang Miedema seperti dikutip laman Time, Selasa ( 27/10/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini