Sukses

10 Waktu Pas untuk Minum Air Putih

'Delapan gelas sehari' adalah kalimat yang sudah Anda dengar sejak kecil. Sebagian besar dari kita mungkin tak mengikuti anjuran tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - 'Delapan gelas sehari' adalah kalimat yang sudah Anda dengar sejak kecil. Sebagian besar dari kita mungkin tak mengikuti anjuran tersebut.

Tapi percayalah, minum air putih sebanyak itu memang membawa dampak besar pada tubuh Anda. Rambut lebih bersinar, kulit lebih kencang, hingga membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari indiatimes.com, Selasa (27/10/2015) lalu, berikut cara seharusnya Anda memberikan asupan air ke dalam tubuh dalam sehari penuh.

1. Minum 1-2 gelas sesaat setelah bangun tidur agar membuang racun dari tubuh.

2. Minum satu gelas air setengah jam sebelum makan untuk mempercepat penurunan badan.

3. Jangan minum air sebelum, saat, dan sesudah makan karena mencemari enzim pencernaan dan membuat enzim tersebut kurang efektif.

4. Ganti dengan yogurt, atau buttermilk di sela-sela makan, karena cairan ini memiliki efek mendinginkan yang sama dengan tubuh dan tak menghambat kerja proses pencernaan.

5. Minumlah segelas air ketika merasa lelah, untuk merangsang daya kerja otak. Apalagi di tempat kerja, Anda perlu fokus yang tinggi dan minum air putih membantu otak berfungsi lebih baik.

6. Minum air ketika Anda merasa lapar untuk mencegah tangan Anda mengambil cemilan yang tidak perlu.

7. Minumlah yang banyak pada 12 jam pertama dalam satu hari. Hal ini mencegah Anda untuk tak terlalu sering ke kamar mandi di tengah malam.

8. Minumlah yang banyak sepanjang hari jika Anda tahu akan kurang tidur pada hari itu. Ini membuat tubuh Anda merasa sedikit lebih cukup beristirahat keesokan harinya.

9. Anda harus banyak minum setelah berolahraga. Pasalnya, tubuh Anda butuh angkutan nutrisi yang diperlukan otot-otot tubuh.

10. Perbanyak porsi minum Anda ketika sedang sakit, hamil, dan menyusui. Minum air ketika Anda sedang sakit akan membantu memperbaiki tubuh lebih cepat. Wanita hamil dan menyusui memerlukan lebih banyak air dari biasanya, sekitar 12 gelas per hari.





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini