Sukses

Keju Ternyata Bisa Bikin Kecanduan

Tak hanya coklat, dan pizza, para peneliti mengungkap bahwa keju ternyata juga bisa memicu reaksi kecanduan.

Liputan6.com, Jakarta Bila sebelumnya peneliti dari University of Michigan menemukan cokelat, pizza dan kentang goreng memicu reaksi kecanduan, kali ini mereka mengungkap bahwa keju ternyata memiliki efek yang sama.

Seperti diberitakan Newser, Sabtu (24/10/2015) ahli diet Cameron Wells mengaku tidak heran dengan penelitian ini. Menurutnya, keju mengandung kasein yang melepaskan opiat disebut casomorphins. Zat ini benar-benar mengaktifkan reseptor dopamin dan memicu elemen adiktif.

"Kasein terdapat dalam produk susu dan bisa memicu reseptor opioid, wilayah di otak yang menyebabkan seseorang merasa kecanduan," katanya.

Dia menambahkan, susu mengandung kasein dalam jumlah kecil. Namun, untuk menghasilkan satu pon keju (0,5 kilogram), dibutuhkan sekitar sepuluh pon susu atau sekitar 4,5 kilogram. Jadi, ketika mengonsumsi keju dalam jumlah banyak, Anda juga menelan kasein dalam jumlah tinggi.

Tahun ini, para ilmuwan akan menyelesaikan Food Addiction Scale Yale sebagai bagian dari sebuah studi untuk membuktikan, ada makanan yang membuat seseorang kecanduan. Mereka menemukan, makanan olahan yang lebih tinggi lemak dan karbohidrat olahan atau makanan yang mudah dicerna dan tinggi glikemik, cenderung disukai manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.