Sukses

Mengintip Car Seat Anak dari Masa ke Masa

Jika car seat sekarang mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak, dahulu tak begitu tak terlalu dipikirkan.

Liputan6.com, New York- Demi menjaga agar anak tetap aman saat berkendara, para orangtua wajib memiliki car seat anak. Sehingga anak bisa duduk sendiri dan pastinya lebih aman. Tapi car seat yang kita lihat sekarang ini sangat berbeda dengan zaman dahulu.

Kehadiran car seat bagi anak pertama kali di 1930 berfungsi sebagai tempat duduk anak di dalam kendaraan. Tak ditekankan keamanan pada kursi anak di mobil ini.

Car seat anak (Foto: Good Housekeeping via eBay)

1940-an

Lalu, di tahun 1940-an muncul kursi seperti gambar tepat di bawah ini. Secara bentuk sudah terlihat lebih baik, anak pun bisa melihat ke luar jendela karena didesain lebih tinggi, namun masih tidak aman bagi anak-anak.

Car seat anak (Foto: Good Housekeeping)

1962

Barulah di 1962 , ada sebuah car seat anak yang didesain agak aman karena sudah disertai sabuk pengaman. Ini adalah era car seat anak dibuat serius memikirkan keamanan anak. Leonar Rivkin mencipatkan kursi yang terbuat dari logam dengan sabuk pengaman. Lalu ada juga kursi dengan sabuk pengaman berbentuk Y seperti car seat yang ada saat ini.

Car seat anak (Foto: Good Housekeeping)

1968

Lalu masih di tahun 1968-an, General Motors akhirnya mengeluarkan car seat anak bernama Love Seat. Terdiri dari dua jenis yakni untuk anak-anak dan bayi, keduanya sama-sama menggunakan sabuk pengaman. Terbuat dari polypropylene dan empuk. Ringan juga portabel.

Car seat anak (Foto: Good Housekeeping)

1985

Pada tahun 1985, ada undang-undang keselamatan penumpang anak pertama di Amerika Serikat. 

Car seat anak (Foto: Good Housekeeping)

1995

Pada 1995, sistem LATCH diperkenalkan. Car seat ini diklaim aman, bahkan tetap stabil meski mobil alami kecelakaan karena sudah terkunci dengan kursi mobil.

Car seat anak (Foto: Good Housekeeping)

 

Saat ini, car seat anak memiliki peraturan ketat di Amerika Serikat. Pertama-tama harus menyesuaikan dengan usia dan berat badan. Ada juga tanggal kedaluarsanya.

Car seat anak (Foto: Goodhousekeeping via Chicco)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini