Sukses

7 Tips Dapatkan Tidur Lebih Berkualitas

Ada beberapa kebiasaan yang bisa mangganggu tidur Anda.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendapatkan tidur yang lebih baik, Anda telah melakukan berbagai hal seperti tidak mengkonsumsi kafein ketika malam, mematikan lampu kamar, dan membuat kamar terasa nyaman. Namun kenapa sering kali Anda masih merasa gelisah?

Ada beberapa kebiasaan yang bisa mangganggu tidur Anda. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kurang tidur bisa mendatangkan diabetes, depressi, penyakit kardiovaskuler, bahkan naiknya berat badan.

Menurut Health.com ada 7 tips untuk tidur yang lebih baik:

1. Hentikan kebiasaan minum teh atau kopi di sore hari

Seperti yang telah diketahui bahwa kopi dan teh yang kita minum mengandung kafein. Mengkonsumsi kafein di sore hari akan menyebabkan Anda kesulitan tidur. Jadi, sebelum meminum kopi, teh, atau minuman berenergi, periksalah kandungan pada kemasan. Apabila terdapat kafein di dalamnya, sebaiknya berhenti meminumnya setelah pukul 2 di sore hari.

2. Makan jenis makanan yang akan membantu tidur lelap

Walaupun penting menghindari makanan yang terlalu berat sebelum tidur (karena akan mengganggu tidur), ada beberapa jenis makanan yang akan membantu Anda tidur, diantaranya; ‘whole-wheat’ pasta dengan sayuran, saus tomat, dan dada ayam. Makanan di atas akan membentuk serotonin dalam tubuh dan membantu Anda tidur. Apabila pada malam hari Anda terbangun, minumlah susu.

3. Alkohol tidak membantu Anda tidur

John E. Brown mengatakan bahwa alkohol akan menyebabkan seseorang sulit tidur pulas dan meningkatkan kebiasaan bangun di malam hari. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mandi lebih awal

4. Mandilah lebih awal

Mandi akan menurunkan suhu tubuh. Sedangkan untuk tidur, suhu tubuh Anda perlu suhu tertentu. Namun, bukan berarti anda harus langsung mandi setelah pulang beraktifitas. Tunggulah beberapa saat setelah suhu tubuh Anda sedikit turun.

5. Lakukan peregangan ringan

Lakukan yoga ringan, bawalah pikiran Anda menjadi lebih tenang, lancarkan pernafasan, kurangi ketegangan pada otot.

6. Ciptakan mood untuk tidur yang baik

Matikan lampu di kamar karena lampu menyebabkan mata sulit beristirahat, selanjutnya kurangilah hembusan angin di kamar Anda.

7. Matikan ponsel Anda

Letakkan gawai sejauh mungkin, matikan ponsel Anda, gunakan alarm yang sesungguhnya. Jika Anda menggukan ponsel sebagai alarm, bisa jadi Anda akan tergoda untuk kembali bermain gawai ketimbang tidur. (Laila)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini