Sukses

4 Tanaman yang Ampuh Cegah Sakit

Dari daun kemangi hingga bawang putih. Selengkapnya.

Liputan6.com, New York- Alam telah menyediakan aneka tanaman yang mampu meningkatkan imunitas tubuh agar tetap kuat dan sehat seperti diungkapkan dokter naturopati di Hippocrates Health Institute, Brian Hetrich.

Berikut beberapa tanaman yang bisa kita manfaatkan sebagai obat seperti dikutip dari laman Prevention, Jumat (23/10/2015).

1. Daun kemangi

Kita biasa mengenal daun yang satu ini sebagai lalapan. Dibalik citarasanya yang segar daun kemangi bersifat antioksidan, antibakteri, dan antiperadangan. Juga mengandung beta karoten dan magenesium yang mampu melindungi sel tubuh terhadap sejumlah penyakit seperti jantung, asma, ostearthrtis, rematik, dan penyakit radang usus.
Bagi Anda yang sakit kepala coba kunyah daun kemangi. Komponen kemangi bernama euganol terbukti bekerja seperti aspirin untuk mengatasi sakit kepala.

2. Asparagus

Asparagus, sayuran hijau dengan rasa unik yang kaya manfaat.(Foto: lovingthebike.com)
Sayuran yang biasa diolah menjadi sup ini kandungannya sangat baik untuk membuang racun di tubuh termasuk menyingkirkan karsinogen dan radikal bebas. Serta mampu melawan dan  mencegah masalah kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.
Asparagus juga kaya Vitamin B, Vitamin C, Vitamin K, folat, kalsium, mangan, selenium, dan zat besi.

3. Mint
Daung beraroma segar ini bisa lawan prostat dan kanker lever karena adanya senyawa peryllyl alcohol serta karotenoid dan retinoid menurut dua studi di tahun 2012.
Senyawa lainnya yang tak kalah penuh manfaat seperti asam rosmarinic mampu menurunkan dampak radikal bebas dan menurunkan peradangan.
Salah satu manfaat yang paling terasa yakni mampu membuat sistem pencernaan jadi lancar, menurut penelitian di tahun 2010.

4. Bawang putih

Selain jengkol kamu juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengobati kanker.
Mungkin Anda sudah tahu bahwa bawang memiliki manfaat antibakteri, antimikroba, antijamur dan mengurangi peradangan. Berbagai studi menunjukkan bawang putih dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru, kanker prostat, dan osteoartritis dan membantu menghancurkan sel-sel kanker tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini