Sukses

7 Tips Perawatan Lensa Kontak

Sebanyak 99 persen dari pemakai lensa kontak memiliki kebiasaan buruk saat menggunakan lensa kontak.

Liputan6.com, San Diego - Sebuah laporan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 99 persen dari pemakai lensa kontak memiliki kebiasaan buruk saat menggunakan alat bantu penglihatan tersebut. Hal ini menyebabkan infeksi mata hingga kerusakan penglihatan dalam jangka panjang.

CDC mengungkapkan hampir sepertiga dari 1.000 pemakai lensa kontak yang disurvei mengalami mata merah atau sakit hingga perlu memeriksakan diri ke dokter. Dr Sandy T Feldman, direktur medis dari San Diego’s Clearview Eye & Laser Medical Center, mengatakan dia punya banyak pengalaman soal penyakit mata dan menawarkan beberapa tips merawat lensa kontak.

"Saya mungkin pernah melihat itu semua selama bertahun-tahun, seperti lensa yang tidak dibersihkan dengan benar. Kasus lensa kotor, penggunaan berulang-ulang, tidur dengan lensa kontak, berenang dengan lensa kontak, dan memakai lensa sekali pakai jauh lebih lama dari yang seharusnya," kata Feldman dikutip dari sandiegouniontribune.com, Jumat (23/10/2015).

Berikut 7 tips perawatan lensa kontak yang berhasil dirangkum Liputan6.com.

1. Bersihkan lensa yang sehari-hari dipakai dengan produk pembersih yang direkomendasikan untuk jenis lensa tersebut.

2. Bersihkan kotak lensa setiap hari, bilas dengan larutan disinfektan dan keringkan. Ganti tempat lensa tersebut tiap tiga bulan.

3. Ganti larutan disinfektan tiap kali Anda menyimpan lensa kontak di tempatnya dan jangan menambahkan larutan lama dengan yang baru.

4. Memakai lensa saat berenang atau mandi dapat menyebabkan infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri, jamur atau amuba di dalam air. Jika pandangan bermasalah, pertimbangkan memakai kacamata.

5. Hindari mencoba untuk memperpanjang umur lensa kontak yang sekali pakai, yang dapat menyebabkan kornea tergores dan masalah mata lainnya.

6. Jangan tidur sebelum melepas lensa kontak. Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari infeksi mata.

7. Gunakan lensa kontak harian sekali pakai dan cobalah untuk menghindari godaan untuk berhemat, dengan memakainya lebih dari satu hari. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini