Sukses

SADARI, Periksa Payudara Paling Murah Meriah

Lakukan ini setiap satu minggu usai menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara termudah dan termurah untuk melakukan mengetahui untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) seperti diungkapkan dokter spesialis bedah onkologi Budi Harapan Siregar. Meski akurasinya hanya 20 persen tapi tetap dibutuhkan.

"Pastikan setiap satu minggu seusai menstruasi untuk melakukan SADARI. Dengan menggunakan tiga jari secara lembut meraba payudara termasuk pada bagian ketiak," tutur dokter Budi dalam acara Breast Cancer Awareness di Plaza Senayan, Jakarta ditulis Jumat (22/10/2015).

Lalu, bagi para ibu-ibu setiap satu tahun sekali melakukan deteksi menggunakan USG. "Ini adalah cara deteksi yang nyaman dalam mendeteksi kanker payudara.

Ketika sudah berumur di atas 40-45 tahun mulai bisa melakukan mamografi. "Jika semakin dini ditemukan kanker akan lebih baik. Karena jika sudah terkena kanker biaya yang dikeluarkan akan sangat besar, jadi lebih baik untuk rutin lakukan deteksi dini," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.