Sukses

Apakah Benar Urutan Lahir Bentuk Karakter Anak?

Penelitian terbaru mengungkapkan, urutan lahir anak tak pengaruhi kepribadian, namun, ada kemungkinan si sulung selalu lebih pintar.

Liputan6.com, Jakarta Sudah banyak penelitian yang mengatakan urutan kelahiran memengaruhi kepribadian. Tapi, penelitian terbaru mengatakan itu semua tidak benar, walaupun ada kemungkinan, anak sulung biasanya lebih pintar.

Selama ini penelitian menyebutkan, sulung dianggap ambisius, anak bungsu lebih memberontak, dan anak tengah benci dengan semua perhatian yang didapatkan saudaranya. Tapi, itu semua terbantahkan oleh penelitian terbaru ini.

Rekan penulis penelitian yang juga profesor di University of Leipzig, Stefan Schmukle, menyebutkan urutan lahir mungkin menunjukkan anak sulung lebih pintar dan IQ-nya tinggi karena banyaknya perhatian orangtua yang dia dapatkan.

"Yang pertama lahir mendapat lebih banyak rangsangan intelektual dan yang selanjutnya kurang dari itu," kata Schmukle dikutip dari Today, ditulis Minggu, 03/01/2016.

Menurut Schmukle, dampak urutan kelahiran pada kepribadian mungkin terjadi sewaktu masih anak-anak. Tapi, itu semua akan memudar dengan bertambahnya usia.

Schmukle dan rekan-rekannya meneliti data dari tiga survei besar, satu dari Inggris, satu dari Amerika Serikat, dan satu dari Jerman. Semua data dari lebih 20.000 orang dewasa dimasukkan dalam analisis mereka.

Hasilnya, urutan kelahiran hampir tidak berdampak pada apa yang dikenal sebagai "lima besar" ciri-ciri kepribadian yakni ekstroversi, kestabilan emosi, kesadaran, keramahan, dan keterbukaan terhadap pengalaman. (mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini