Sukses

Buah-buahan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Diabetesi

Beberapa buah ternyata tidak dianjurkan untuk diabetesi karena bisa meningkatkan gula darah.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi buah bagi penderita diabetes sebenarnya dibolehkan selama tidak berlebihan. Namun beberapa buah ternyata tidak dianjurkan karena bisa meningkatkan gula darah.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr Aris Wibudi mengatakan, setidaknya ada buah-buahan yang dapat menaikkan gula darah seperti pisang, mangga, durian, kelengkeng serta kurma.

"Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) pernah meneliti, konsumsi kurma lima butir dapat meningkatkan gula darah," katanya di sela-sela diskusi kesehatan di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Meski buah mengandung vitamin dan mineral, herbalis dari Mediabetea Anthony Kiro juga tidak menganjurkan konsumsi buah bagi diabetesi. Menurutnya, selain memiliki tingkat indeks glikemik tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan sangat cepat, struktur gula pada buah atau fruktosa sulit dicerna bagi diabetesi.

Meski tidak perlu mengonsumsi buah, diabetesi dianjurkan untuk selalu mengonsumsi sayuran karena mengandung karbohidrat kompleks. "Usahakan mengonsumsi sayuran mentah ketimbang sayur yang ditumis menggunakan minyak," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.